Obyek wisata Giong Siu Mataram mulai ditata bersiap untuk ADWI 2023

Nusantaratv.com - 17 November 2022

Wisata "Giong Siu" atau seribu ayunan , salah satu lokasi wisata di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, segera ditata dan akan ikut dilombakan pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 . (Foto: ANTARA/HO)
Wisata "Giong Siu" atau seribu ayunan , salah satu lokasi wisata di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, segera ditata dan akan ikut dilombakan pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 . (Foto: ANTARA/HO)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mulai melakukan penataan pada objek wisata Giong Siu di Kelurahan Babakan untuk persiapan untuk diusulkan mengikuti lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Kamis, mengatakan, untuk tahap pertama penataan wisata Giong Siu dialokasikan anggaran Rp50 juta.

"Anggaran sebesar Rp50 juta itu, untuk pengadaan 25 unit tenda dan 25 ayunan berupa "hammok" atau tempat tidur gantung yang akan mencari ciri khas serta daya tarik tersendiri bagi pengunjung," katanya.

Pengadaan "hammok" tersebut sesuai dengan nama Giong Siu merupakan bahasa Suku Sasak yang artinya "giong" adalah ayunan sedangkan "siu" artinya seribu sehingga kalau digabung menjadi Ayunan Seribu atau Seribu Ayunan.

Karenanya, ayunan dan tenda tersebut, ditargetkan terpasang paling lambat awal bulan Desember 2022, agar tahun depan bisa dilakukan penataan dan menambah fasilitas lainnya di areal itu.

"Untuk ayunan dan tenda, kita adakan bertahap. Yang penting potensi wisata alam itu kita kelola," katanya.

Denny mengatakan, wisata Giong Siu merupakan wisata alam yang dinilai memenuhi tujuh kategori untuk dilombakan ADWI meliputi, desa/kelurahan, daya tarik wisata, "homestay", konten digital dan kreatif, suvenir, toilet, dan CHSE (cleanliness, health, safety, and environmental sustainability).

"Di Giong Siu yang belum tertata dari tujuh kategori itu hanya toilet. Fasilitas toilet ada, tapi masih belum representatif," katanya.

Oleh karena itulah, tahun depan Dispar akan mulai melakukan penataan fasilitas toilet serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Denny mengakui, keberadaan wisata Giong Siu di Kelurahan Babakan, Kecamatan Sandubaya, selama ini memang belum terlalu populer di tengah masyarakat. Kondisi itu terjadi karena akses masuk ke belum tertata.

"Tapi tahun ini sudah ada tanah warga yang dibebaskan sebagai akses masuk, sehingga keberadaan objek wisata Giong Siu bisa lebih mudah diakses pengunjung," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close