Nurdin Tampubolon Dampingi Wapres Ma'ruf Kunjungi Empat Provinsi di Papua

Nusantaratv.com - 29 November 2022

Tim Ahli Wakil Presiden (Wapres) RI, Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, MM., bersama rombongan terbatas Wapres Ma'ruf Amin, saat kunjungan kerja ke empat provinsi di Papua. (NTV)
Tim Ahli Wakil Presiden (Wapres) RI, Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, MM., bersama rombongan terbatas Wapres Ma'ruf Amin, saat kunjungan kerja ke empat provinsi di Papua. (NTV)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Tim Ahli Wakil Presiden (Wapres) RI, Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, MM., mendampingi Wapres Ma’ruf Amin ke Provinsi Papua, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Provinsi Papua Barat, sejak Senin (28/11/2022).

Di empat provinsi itu, Wapres Ma'ruf ingin memastikan upaya pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan di wilayah tersebut, sesuai Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2022 tentang Badan Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP). Ma'ruf sebelumnya ditunjuk oleh Presiden untuk menjadi Ketua BP3OKP atau Badan Pengarah Papua (BPP), pada 21 Oktober lalu.

Selain Nurdin Tampubolon, turut mendampingi Wapres yaitu Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo; Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika; Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Muhammad Imam Aziz, dan Robikin Emhas; serta Tim Ahli Wapres Johan Tedja Surya. 

Adapun Wapres Ma'ruf bertolak ke Jayapura pada Senin kemarin pukul 08.00 WIB, menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU.

Wapres yang didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan terbatas tersebut, lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, transit sejenak di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Provinsi Maluku untuk pengisian bahan bakar, sebelum melanjutkan penerbangan menuju Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura, Provinsi Papua, Senin (28/11/2022).

Agenda Wapres di Jayapura, yakni melakukan pembahasan mengenai pelaksanaan Otsus Papua bersama dengan jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), MRP (Majelis Rakyat Papua), Sekretaris Daerah Provinsi Papua beserta jajaran, dan meninjau Ruang Sekretariat BPP.

Kemudian, sejumlah kegiatan lain yang dilakukan Wapres selama di Jayapura, yakni meninjau Pameran Kemandirian BLK Komunitas; penyerahan bantuan sosial kepada perwakilan penerima, di antaranya akan diserahkan bantuan usaha atau modal Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Papua dan Bank Himbara, penyerahan secara simbolis Nomor Induk Berusaha (NIB), penyerahan sertifikat vokasi, serta penyerahan bantuan kepada Orang Asli Papua (OAP) oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Papua. Wapres juga akan menemui masyarakat dan anak-anak Papua.

Di samping Jayapura, Wapres akan melanjutkan titik kunjungan kerja ke sejumlah daerah, seperti Merauke, Timika, Kaimana, dan Biak yang menjadi titik terakhir kunjungan Wapres selama berada di Tanah Papua. Lalu, di hari ke-6 Wapres akan melanjutkan agenda kunjungan kerjanya menuju Makassar, Sulawesi Selatan sebelum kembali ke Jakarta.

Lebih lanjut, melalui kunjungan kerjanya, Wapres Ma'ruf ingin adanya strategi menyeluruh dalam mendorong komoditas-komoditas unggulan Papua, baik sektor pertanian, pariwisata, perikanan dan ekonomi kreatif.

Wapres hendak memastikan tegaknya prinsip, "No One Left Behind", yaitu agar masyarakat asli Papua tak tertinggal, bahkan orang asli Papua harus memainkan peran strategis dalam percepatan pembangunan dan otonomi khusus Papua.

"Saya kemarin ke Mesir, Mesir ternyata ekspor kopi ke Amerika, ke Eropa, saya tanya, memang Mesir punya kopi? Ternyata kopinya dari Indonesia, rempah-rempah juga dari Indonesia lalu diekspor ke Mesir dan di Mesir diolah dengan rempah dan kopi dari Indonesia lantas jadi kopi Mesir dan dikirim ke Amerika dan Eropa, Indonesia harus punya sendiri, kopi Papua dari Indonesia untuk dunia," ujar Wapres Ma'ruf kala menyambangi kedai kopi "Meja Kopi", usaha gabungan kelompok Papua Muda Inspiratif, di Jayapura, Selasa (29/11/2022).

Wapres mengunjungi kedai kopi di kompleks pertokoan Jayapura Pacific Permai itu, usai berolahraga pagi pada sela-sela kunjungan kerjanya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])