NTV Tonight: Tragis! Gegara Pelihara Landak Jawa, Pria di Bali Terancam 5 Tahun Penjara

Nusantaratv.com - 11 September 2024

I Nyoman Sukena menangis histeris usai divonis 5 tahun penjara karena memelihara landak Jawa
I Nyoman Sukena menangis histeris usai divonis 5 tahun penjara karena memelihara landak Jawa

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-I Nyoman Sukena pria asal Badung, Bali didakwa 5 tahun penjara dan denda Rp100 juta lantaran ketahuan memelihara 4 ekor landak Jawa. 

Kisah I Nyoman menyita perhatian masyarakat dan viral di media sosial. Karena dia mengaku tidak mengetahui jika landak Jawa adalah hewan yang dilindungi. 

I Nyoman Sukena menangis histeris usai keluar dari sidang Pengadilan Negeri Denpasar Bali.  

Dirinya tak menyangka jika hewan kesayangannya bisa membuat dirinya tersandung kasus hukum. 

Bahkan di depan majelis hakim I Nyoman mengaku tak memahami jika landak merupakan hewan yang dilindungi mengingat di sekitar rumahnya masih banyak landak Jawa yang berkeliaran.

Kelian Banjar Karang Dalem II Desa Bongkasa Pertiwi, I Made Mudita sangat menyayangkan dakwaan yang dijatuhkan terhadap I Nyoman sukena dan meminta dibebaskan dikarenakan hingga saat ini memang tidak ada sosialisasi tentang landak Jawa sebagai satwa yang dilindungi oleh pihak terkait. 

"Kalau di wilayah kami ada orang tua kami terdahulu melihat landak itu sebagai hama yang merusak tanaman.  Seperti pohon kelapa yang baru ditanam dimakan semua. Nah itulah makanya kami di sini itu menyebutnya sebagai hama," kata I Made Mudita seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Tonight, Selasa (10/9/2024). 

"Tetapi dengan keawaman kami ini, salah satu warga kami terkena musibah. Ternyata dia dikatakan sebagai kepemilikan binatang yang dilindungi. Nah itulah sebabnya besar harapan kami, mohon sekali lagi dari pihak yang berwenang atau berwajib bisa membebaskanlah dia," imbuhnya. 

Kini terdakwa kasus pemeliharaan satwa dilindungi I Nyoman Sukena terancam hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp100 juta. 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close