NTV Tonight: HUT ke-78 Bhayangkara, Jokowi: Polri Tidak Tebang Pilih dalam Penegakan Hukum

Nusantaratv.com - 02 Juli 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato pada HUT ke-78 Bhayangkara di Monas, Jakarta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato pada HUT ke-78 Bhayangkara di Monas, Jakarta

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Perayaan hari jadi  Bayangkara ke-78 digelar meriah di Monas Jakarta Pusat. Upacara peringatan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi menyampaikan apresiasi dan sejumlah pesan agar Polri bertugas semakin profesional dan siap menghadapi tantangan teknologi ke depan. 

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menekankan Polri memiliki peran sentral dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

Begitupun masyarakat yang dapat mengawasi langsung kinerja Polri.

Presiden Jokowi meminta agar Polri ke depan harus makin lincah profesional dan tidak tebang pilih dalam penegakan hukum serta mampu mengikuti perkembangan Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi).

Presiden juga meminta agar Polri mendukung dan menjaga netralitas selama Pilkada berlangsung.

"Polri memiliki peran sentral di masyarakat. Selalu bersentuhan dengan kehidupan sehari-hari masyarakati. Polri tidak ada liburnya. Polri ada di mana-mana. Tidak ada wilayah yang terlewatkan bagi Polri. Tapi di sisi lain artinya rakyat juga melihat dari dekat seluruh gerak-gerik dan tindak-tanduk Polri," kata Presiden Jokowi seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Tonight, Selasa (2/7/2024).

Jokowi mengaku senang terhadap hasil beberapa survei terbaru yang menunjukkan citra Polri yang semakin baik bahkan menempati urutan tertinggi kedua. 

"Ini patut kita syukuri serta harus dipertahankan dan ditingkatkan. Dengan apa? Dengan komunikasi publik yang baik. Dengan menjadi contoh, dengan menjadi teladan, dengan membangun etika pelayanan yang berorientasi pada rakyat," kata Jokowi. 

"Karena tantangan ke depan tidaklah semakin mudah. Baik dari sisi geopolitik, dari sisi ekonomi, teknologi, iklim. Semuanya semakin rumit dan penuh dengan ketidakpastian," tutupnya. 

Sementara Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Wahyu Widada menilai HUT ke-78 Bayangkara tahun ini menjadi komitmen Polri untuk semakin baik dan memperbaiki diri agar lebih dekat serta dicintai masyarakat. 

"Jadi untuk tema peringatan Hari Bayangkara ke-78 ini adalah Polri Presisi mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia Emas tahun 2045," ujar Komjen Pol Wahyu Widada. 

"Tentunya diharapkan kinerja Polri ke depan akan menjadi semakin baik semakin dekat dengan masyarakat dan semakin profesional. Sehingga polisi dapat menampilkan kinerja menciptakan kondisi kamtibmas yang lebih baik lagi di masa yang akan datang," imbuhnya. 

Puncak HUT ke78 Bayangkara ini selain dilaksanakan upacara peringatan juga dimeriahkan dengan pesta rakyat yang menampilkan pertunjukan musik dari artis-artis ibuota serta aneka jajanan kuliner gratis untuk masyarakat.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close