NTV Today: Universitas Budi Luhur Ajak Gen Z Peduli Lingkungan dan Mitigasi Perubahan Lingkungan

Nusantaratv.com - 25 Juni 2024

Deputi Rektor Bidang Akademik UBL, Arief Wibowo memberikan keterangan pers terkait pelaksanaan Asian Plus Youth Environmental Action 2024.
Deputi Rektor Bidang Akademik UBL, Arief Wibowo memberikan keterangan pers terkait pelaksanaan Asian Plus Youth Environmental Action 2024.

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Guna menyuarakan isu lingkungan Universitas Bud Luhur (UBL) akan menggelar Asian Plus Youth Environmental Action (APYEA) 2024. 

Kegiatan ini akan melibatkan lebih dari 150 anak muda untuk menjadi voluntir atau relawan. 

Jelang pelaksanaan, UBL melalui Himpunan Mahasiswa hubungan internasional menggelar konferensi pers terkait gelaran Asian Plus Youth Environmental Action 2024 yang mengusung tema 'Heat Up The Plans Cool The Earth Collaborative South Asian Youth Action for Climate Change Mitigation'.

APYEA 2024 merupakan wujud nyata komitmen yang melibatkan pemuda dalam upaya perlindungan lingkungan dan mitigasi perubahan iklim.  

Deputi Rektor Bidang Akademik UBL, Arief Wibowo mengatakan melalui kegiatan ini UBL berharap dapat mendorong Gen Z memahami ancaman perubahan iklim sehingga memiliki kepedulian terhadap lingkungan. 

"Jadi memang kami menyadari bahwa Gen Z ini punya karakteristik unik. Mereka peduli pada teknologi, sangat melek pada teknologi tetapi peduli pada lingkungan," kata Arief Wibowo seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Today, Selasa (25/6/2024).

"Nah pada satu kondisi mereka dikenal sebagai generasi yang tidak mau diatur tetapi memiliki potensi. Oleh karena itu kami mengadakan perhelatan ini dengan mengusung tema perubahan iklim karena Gen Z adalah pemegang masa depan bumi. Yang akan kita serahkan kepada mereka," lanjutnya.

"Dan bilamana situasi itu kita sampaikan, bahwa ada masa depan mereka yang terusik mereka akan lebih passion untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan climate change sebagaimana tema yang kami usung," pungkasnya.

Kegiatan yang akan diselenggarakan pada 27 hingga 30 Juni mendatang ini akan berisikan rangkaian kegiatan. Salah satu rangkaiannya adalah diskusi kelompok terarah dan sidang pleno yang juga akan mengundang para pelajar dari luar negeri untuk melihat bagaimana negara-negara lain membuat kampanye terkait peduli lingkungan.

Dua relawan muda dari mancanegara Deon dan Juna mengaku senang dilibatkan dalam kegiatan APYEA 2024. 

"Ini adalah suatu hal yang penting untuk kita bersama-sama sebagai anak muda mengatasi perubahan iklim. Dan kita bisa membuat diskusi grup, fokus grup dan paling penting adalah penanaman pohon," kata Deon. 

"Kami sangat memiliki semangat untuk mengatasi permasalahan lingkungan. Kami bisa melihat bahwa ini adalah sebuah tantangan sekaligus sebuah masalah besar untuk semua orang. Jadi saya sangat mendukung gerakan ini," timpal Juna. 

Asian Plus Youth Environmental Action 2024 juga akan menghadirkan sejumlah aktifis lingkungan yang berprofesi sebagai influencer hingga fotografer. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close