NTV Today: Tanah Longsor Putus Jalan Antara Bandung Barat dan Cianjur, Aktivitas Warga Terganggu

Nusantaratv.com - 16 Mei 2024

Bencana tanah longsor menerjang wilayah Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.
Bencana tanah longsor menerjang wilayah Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Bencana tanah longsor menerjang wilayah Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. 

Dampak bencana yang menimpa pada Selasa (14/5/2024) dini hari itu menyebabkan akses utama dari Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Cianjur terputus.

Tanah longsor yang terjadi di Kampung Tugu, RW 01/RT 05 Desa Cilangari,
Kecamatan Gununghalu itu membuat aktivitas warga terganggu. 

Hingga saat ini warga yang hendak beraktivitas harus melintasi bukit yang berada di sekitaran area longsor dengan berjalan kaki maupun memaksakan diri mengendarai motor yang hanya bisa dilalui satu kendaraan roda dua. 

Salah satu warga Desa Bunijaya Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Nurlaela, mengaku bingung dengan kondisi tersebut.

Sementara wanita yang berprofesi sebagai guru itu harus melakukan kewajibannya mengajar meski terpaksa melewati jalan alternatif yang berbahaya.

"Pergi ke sekolah bingung harus jalan mana. Jalannya sekarang rusak. Kemarin juga sudah sampai ke Kampung Tugu, tapi pulang lagi ke rumah. Kemarin belum ada jalan begini, jalan alternatif begini, sekarang ada. Maksain aja ke sekolah, karena sudah kewajiban. Karena kalau tidak ke sekolah, tidak enak, malah jadi beban," ujar Nurlela.

Sedangkan Kepala Dinas PUTR Kabupaten Bandung Barat, Mochammad Ridwan Evi mengaku, jika jalan yang terputus tersebut merupakan kewenangan daerah.

Dengan begitu, kata dia, pihaknya memerlukan kajian dari geologi untuk melakukan perbaikan jalan tersebut.

"Saya akan upayakan dulu revitalisasi jalan yang sudah ada. Karena ada beberapa titik yang memang harus kita tindaklanjuti. Kita menunggu kajian dari geologi untuk perencanaan perbaikan tersebut," jelas Ridwan.

Warga berharap akses jalan ini segera diperbaiki agar aktivitas masyarakat bisa kembali normal.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close