NTV Today: Rayakan 7 Tahun UU Pemajuan Kebudayaan, Kemendikbudristek Gelar Jalan Kebudayaan 2024

Nusantaratv.com - 24 Juni 2024

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid memberikan sambutan dalam perayaan 7 tahun UU Pemajuan Kebudayaan
Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid memberikan sambutan dalam perayaan 7 tahun UU Pemajuan Kebudayaan

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar acara Jalan kebudayaan 2024 dalam rangka merayakan 7 tahun ditetapkannya Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. 

Acara ini merupakan platform untuk meningkatkan kesadaran publik tentang berbagai program dan kegiatan pemerintah di bidang kebudayaan. 

Kebudayaan Indonesia yang tak terhitung jumlahnya merupakan warisan berharga yang menjadi identitas nasional sekaligus aset pembangunan

Untuk melindungi mengembangkan dan memanfaatkan kekayaan ini secara berkelanjutan, pemerintah Indonesia telah menetapkan landasan hukum yang kokoh melalui Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan.  

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid mengatakan bahwa Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan lahir dari kesadaran akan pentingnya peran kebudayaan dalam pembangunan nasional

Seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Today, Senin, (21/6/2024) dalam perjalanannya UU Pemajuan Kebudayaan telah membawa transformasi signifikan dalam pengelolaan kebudayaan di Indonesia. 

Perencanaan kebijakan kini bersifat partisipatif, melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan secara langsung.  

Pemerintah pun beralih peran dari eksekutor menjadi fasilitator. Mendukung inisiatif dan aspirasi masyarakat dalam memajukan kebudayaan. 

Fokus intervensi kebijakan juga mengalami pergeseran  dari yang semula terpaku pada cabang-cabang budaya tertentu menjadi pendekatan holistik pada ekosistem kebudayaan secara keseluruhan. 

Hal ini memastikan keberlanjutan setiap praktik dan ekspresi budaya yang ada.

Program-program seperti Dana Indonesiana, Pekan Kebudayaan Nasional, Reformasi Tata Kelola Warisan Budaya melalui pendirian Indonesian Heritage Agency dan penguatan ekosistem film di Indonesia telah mengaktifkan peran pemerntah sebagai fasilitor. 

Meningkatkan kualitas tata kelola layanan kebudaan membuka akses dan menjamin pemerataan kesempatan serta mendorong  Inovasi dan partisipasi publik dalam pemajuan kebudayaan.

"Kebudayaan bukan hanya identitas tetapi juga modal sosial, ekonomi dan politik yang dapat mendorong kemajuan bangsa. Oleh karena itu pemajuan kebudayaan menjadi prioritas dalam agenda pembangunan nasional," kata Hilmar Farid dalam sambutannya, Jumat (21/6/2024). 

Mendorong partisipasi publik dalam memajukan kebudayaan dan memastikan kesinambungan program-program pemerintah di masa depan. 

"Undang-undang ini memiliki peran penting dalam mengaktifkan peran pemerintah sebagai fasilitator dan memperkuat ekosistem kebudayaan. Sejak disahkan pada 2017 kebudayaan Indonesia memiliki landasan hukum untuk melindungi dan melestarikan warisan budaya Indonesia, meningkatkan kesejahteraan pelaku budaya, mengembangkan ekonomi kreatif, memperkuat diplomasi budaya serta meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang kebudayaan," ujar Hilmar. 

Acara ini diisi dengan pidato dari para penerima manfaat program dan tokoh-tokoh terkemuka di bidang seni dan budaya seperti Reza Rahadian, Ratri Anindyajari, Dian Jennie Chayati, Andi Malewa dan Hardiansyah.

Selain itu acara ini juga dimeriahkan oleh pertunjukan budaya yang menarik dari Boogie Papeda Ranie Jambak, The Talkback Band dan Teater Anak Sekolah Seni Tubaba 

"Kenapa kita penting untuk memiliki Kementerian Kebudayaan sendiri? Itu poin yang sangat amat esensial buat saya," kata Reza Rahardian. 

"Sebagai negara yang menurut saya menjunjung tinggi budaya. Kita perlu sekali untuk mengingat kembali bahwa iya sekian lama, saya tidak bilang bahwa kalau itu disatukan kemudian tidak akan berjalan gitu. Tapi saya yakin dan percaya ketika Kementerian ini berdiri sendiri maka fokusnya akan jauh lebih kuat," tambahnya. 

Jalan Kebudayaan 7 tahun UU Pemajuan Kebudayaan diharapkan menjadi momentum untuk melihat kilas balik tindak lanjut amanah UU Pemajuan Kebudayaan yang sudah diperjuangkan sejak tahun 1982. 

Pada akhir acara juga diluncurkan buku pedoman program kebudayaan yang menandai langkah penting dalam memastikan kesinambungan dan penguatan ekosistem kebudayaan Indonesia 

Program kebudayaan ini diharapkan menjadi langkah konkret untuk mewujudkan Indonesia Bahagia seperti tercantum dalam strategi Kebudayaan Nasional. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close