NTV Today: Pemulung Temukan Rudal di Bawah Jembatan Indrapura Gegerkan Warga Sumut

Nusantaratv.com - 22 Juli 2024

Sebuah rudal ditemukan seorang pemulung besi tua bernama Dion Sembiring, di bawah Jembatan Indrapura, Air Putih, Batu Bara, Sumatera Utara.
Sebuah rudal ditemukan seorang pemulung besi tua bernama Dion Sembiring, di bawah Jembatan Indrapura, Air Putih, Batu Bara, Sumatera Utara.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Sebuah rudal diduga peninggalan zaman penjajahan Jepang ditemukan seorang pemulung besi tua bernama Dion Sembiring (45).

Dia menemukan rudal tersebut ketika sedang mencari barang bekas di Sungai Tanjung, atau tepatnya di bawah Jembatan Indrapura, Tanah Merah, Air Putih, Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut), pada Minggu (21/7/2024) pagi.

Temuan rudal ini membuat geger, dan warga beramai-ramai memenuhi lokasi tersebut. Rudal yang diperkirakan memiliki ukuran panjang kurang lebih 1 meter dengan diameter 40 centimeter tersebut ditemukan di bawah tumpukan batu dan bekas aspal di aliran sungai tersebut.

Dion Sembiring yang sedang asyik mengorek bebatuan di sungai dengan tangannya, tiba-tiba menyentuh benda keras yang terbuat dari logam.

Rasa penasarannya membawanya untuk terus menggali, dan dia menemukan sebuah mortir berukuran besar terkubur dalam lumpur dan batu cadas.

"Saya kira besi tua biasa, ternyata pas digali kok ada bom. Jadi posisinya ditumpukan batu sama aspal, saya korek-korek baru bisa diangkat dan ketahuan itu mortir," ujar Dion Sembiring, seperti diberitakan Nusantara TV dalam program Nusantara Today, Senin (22/7/2024).

Tak ingin mengambil risiko, dia segera melaporkan penemuannya kepada pihak yang berwajib. "Takut sih tidak (menemukan rudal), biasa aja, ya gimana caranya untuk ngelapor sama pihak berwajib yang ada dipikirin," sambungnya. 

Petugas Polres Batu Bara yang menerima laporan langsung turun mengamankan lokasi temuan bom dengan memasang garis polisi.

Sementara guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan, rudal tersebut selanjutnya diamankan untuk dimusnahkan oleh petugas Gegana Sat Brimob Polda Sumatera Utara yang turun ke lokasi setelah mendapat laporan dari Polres Batu Bara. 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close