NTV Today: Pemilik Sapi Kurban Tebo Seberat 1 Ton Lebih, Sudah 'Feeling' Bakal Dibeli Presiden Jokowi

Nusantaratv.com - 17 Juni 2024

Sapi kurban Tebo milik Presiden Jokowi tiba di halaman Masjid Agung Solo/tangkapan layar NTV
Sapi kurban Tebo milik Presiden Jokowi tiba di halaman Masjid Agung Solo/tangkapan layar NTV

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban satu ekor sapi di Masjid Agung Solo, Jawa Tengah, dengan sapi jenis simental berbobot1080 kg atau lebih dari satu ton. 

Minggu (16/6/2024) malam sapi kurban Presiden Jokowi tiba di Masjid Agung Solo sekitar pukul 19.40 WIB. 

Sapi jenis simental berobot 1080 kilogram tersebut adalah milik Agus Tohirin warga Kauman Kidul Sidorejo Salatiga, yang merupakan peternak lokal Mulya Farm 46 Salatiga Jawa Tengah. 

Menurut Muhammad Rosian Alif peternak dari Mulya Farm 46 Salatiga sapi berumur 3 tahun ini diberi nama Tebo, singkatan dari 'Tenanan Le Bongsor' yang berarti benar benar besar dan gemuk.

Menariknya, Alif mengaku sudah punya firasat atau feeling jika sapi tersebut akan dibeli oleh Presiden Jokowi.

Dan ternyata firasat tersebut benar Tebo dibeli oleh Presiden Jokowi sekitar dua pekan sebelum Hari Raya Idul Adha dengan harga lebih dari Rp100 juta. 

"Sudah dari dulu feeling sapi ini laku (dibeli) Pak Presiden. Ternyata benar sekitar dua minggu lalu menyampaikan keinginannya untuk membeli Tebo," tutur Alif seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Today, Senin (17/6/2024). 

Sementara itu, Sekretariat Takmir Masjid Agung Abdul Basit mengatakan bahwa sapi kurban Presiden Jokowi akan disembelih bersama dengan hewan kurban lainnya setelah salat Idul Adha. Dagingnya akan didistribusikan kepada masyarakat di sekitar masjid Agung Solo. 

"Ada juga sapi kurban dari Ibu Titiek Soeharto. Bobotnyahampir 900 kilogram. Kemudian ada dari jamaah, komunitas kacamata alun alun dan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Surakarta," tutur Abdul Basit.  

Tahun ini Presien Jokowi berkurban 7 ekor sapi. Selain didistribusikan di Masjid Agung Solo juga disalurkan disalurkan ke Masjid Agung, Masjid Al Wusto Mangkunegaran, Masjid Tegalsari Laweyan, Pondok Pesantren Al-Qur'aniyy Az-Zayadiyy, Pondok Pesantren Al Ikhsan Mojosongo, dan Masjid Raya Sheikh Zayed.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close