NTV Today: Paus Raksasa Mati akibat Terdampar di Pantai Banten, Disebut Jenis Langka

Nusantaratv.com - 27 Mei 2024

Paus sepanjang 5 meter mati akibat terdampar di Pantai Banten
Paus sepanjang 5 meter mati akibat terdampar di Pantai Banten

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Seekor paus berukuran 5 meter ditemukan warga Kabupaten Lebak dalam kondisi mati di pinggir pantai. 

Bangkai paus yang mengeluarkan bau busuk tersebut akhirnya  evakuasi warga sekitar. 

Peristiwa penemuan paus mati akibat terdampar diketahui dari sebuah video amatir yang diunggah ke media sosial. Paus tersebut berukuran 5 meter dengan ciri fisik khusus, seperti gigi tajam dan memiliki sirip di punggungnya. 

Paus tersebut ditemukan oleh warga di pinggir pantai Kampung Sukasari, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Banten. 

Menurut Kepala Resort Konservasi Wilayah 3 Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat Wilayah 1, Serang, Tuwur Rahardianto Laban, paus tersebut diperkirakan mati karena terbawa arus ombak yang cukup besar di perairan Samudra Hindia terdampar ke pinggir pantai dan  kehabisan oksigen.

Pihak BKSDA membantah bahwa narasi di video yang menyebut paus yang mati akibat terdampar itu adalah mamalia langka jenis Dugong. 

"Di atas punggungnya itu ada siripnya. Terus giginya juga tajam. Seperti yang saya sampaikan kepastiannya itu paus jenis apa mungkin ahlinya yang akan menerangkan," kata Kepala Resort Konservasi Wilayah III Tuwuh Rahardian to Laban seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Today, Senin (27/5/2024). 

Agar tidak menimbulkan bau tak sedap, warga membakar dan menimbun sebagian tubuh paus yang mati akibat terdampar tersebut.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close