NTV Today: Ngeri! Ancaman Gempa Dahsyat Megathrust Hantui Indonesia, Masyarakat Diminta Waspada

Nusantaratv.com - 15 Agustus 2024

Bangunan porak-poranda dihantam gempa
Bangunan porak-poranda dihantam gempa

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Publik tengah dihebohkan dengar kabar gempa megathrust yang akan melanda Indonesia. 

Kabar tersebut diungkapkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebut adanya potensi gempa megathrust di Indonesia dengan kekuatan mencapai 8,9 skala  masyarakat Indonesia Tengah Dihebohkan dengan ancaman gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter. 

Hal tersebut diduga akibat terjadinya gempa besar di Jepang dengan kekuatan magnitudo 7,1 dan dapat memicu terjadinya tsunami yang bersumber dari megathrust pada Jumat 8 Agustus lalu.

BMKG mengkhawatirkan gempa serupa juga akan terjadi di Indonesia yang kekuatannya bisa mencapai 8,9 magnitudo lantaran dua megathrust yang ada di Indonesia sudah lama tidak melepaskan energi besarnya. 

BMKG juga telah memberikan peringatan terkait potensi gempa megathrust di Indonesia.

Ancaman ini benar-benar terdengar sangat mengerikan. 

Karena gempa dengan kekuatan 8,9 ini mampu memporak-porandakan bangunan dan berpotensi menimbulkan gelombang tsunami yang besar. 

Masyarakat was-was dan merasa sangat harus waspada. 

Meski waktu pasti terjadinya gempa megathrust di Indonesia belum bisa diprediksi BMKG menekankan pentingnya kewaspadaan dan persiapan untuk menghadapi kemungkinan bencana ini. 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close