NTV Today: Jokowi Ungkap Salah Satu Alasan Pindahkan Ibu Kota ke IKN

Nusantaratv.com - 12 Agustus 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Sejumlah pejabat penting mengunjungi Ibu Kota Baru Nusantara (IKN). Kunjungan itu untuk memastikan kota itu untuk siap pertemuan kabinet pertamanya dan hari kemerdekaan ke-79 mendatang. 

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni lakukan pemeriksaan terakhir terhadap pasokan air dan infrastruktur menjelang perayaan 17 Agustus mendatang. 

Presiden Joko Widodo bergegas untuk menyelesaikan sebanyak mungkin pembangunan ibuota baru sebelum ia turun pada bulan Oktober. 

Meskipun Nusantara menghadapi berbagai penundaan pembangunan kurangnya investasi asing serta masalah pengelolaan dan lahan.

Dibangun di hutan di pulau tropis Kalimantan proyek infrastruktur bernilai 32 miliar dolar Amerika ini terletak di sekitar 1200 km dari ibukota saat ini Jakarta. 

Jokowi pun mengungkapkan salah satu alasan penting memindahkan ibu kota ke IKN. 

"Itu Jakarta financial center dan yang lain-lain. Keuntungannya apa yang didapatkan oleh masyarakat di Kalimantan khususnya Kalimantan Timur? Saya kira ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di provinsi Kalimatan Timur khususnya Balik Papan lebih khusus lagi Kabupaten Penajam Paser Utara," kata Jokowi seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Today, Senin (12/8/2024). 

"Dan kalau kita tahu. Salah satu alasan kenapa ibuota pindah karena kita ingin pemerataan. Karena kita tahu 58% GDP ekonomi itu ada di Jawa. Sehingga kita ingin memeratakan untuk juga luar Jawa mendapatkan perputaran ekonominya," pungkasnya.

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close