NTV Today: Gawat! Ribuan Unggas di India Mati Mendadak akibat Virus Flu Burung

Nusantaratv.com - 27 Agustus 2024

Petugas dari Dinas Kesehatan India memeriksa peternakan yang diserang wabah flu burung
Petugas dari Dinas Kesehatan India memeriksa peternakan yang diserang wabah flu burung

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Negara bagian Odhisa di India Timur telah memusnahkan lebih dari 5.000 ayam setelah hasil tes positif untuk jenis virus influenza burung H5N1. 

Pusat wabah ini berada di Distrik Puri sekitar 30 km dari ibuota negara bagian Bubhaneswar menyusul kematian 1800 unggas baru-baru ini di sebuah peternakan setempat. 

Virus H5N1 dianggap sangat patogen dan juga dapat menular ke hewan seperti babi, kuda, kucing besar, anjing dan kadang-kadang manusia.

Direktur Pengendalian Penyakit India Dr Jagannath Nanda mengatakan pihaknya menargetkan memusnahkan 20.000 ekor burung. 

"Ada laporan dari daerah Pipili bahwa 1.800 burung mati mendadak. Tim ADRI (Badan Penelitian Penyakit Hewan) dan dokter dari direktorat bergegar ke tempat kejadian dan mengambil sampel. Sampel tersebut dikirim ke NIHSAD (Badan Nasional Penyakit Hewan Keamanan Tinggi) di Bhopal untuk diuji flu burung. Hasilnya positif pada tanggal 23 Agustus," tutur Dr. Jagannath Nanda seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Today, Selasa (27/8/2024). 

Penyebaran virus ini menjadi perhatian pemerintah dan industri unggas karena kerusakan yang ditimbulkannya terhadap ternak kemungkinan patasan perdagangan dan risiko penularan manusia. 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close