NTV Today: Dua Keris Milik Prabowo Sedot Perhatian Pengunjung di Pusaka Nusantara Grebeg Suro 2024

Nusantaratv.com - 05 Juli 2024

Pameran Pusaka Nusantara ini digelar di Pendopo Kabupaten Ponorogo mulai Kamis (4/7/2024) malam hingga Sabtu (6/7/2024).
Pameran Pusaka Nusantara ini digelar di Pendopo Kabupaten Ponorogo mulai Kamis (4/7/2024) malam hingga Sabtu (6/7/2024).

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Dua keris milik presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto turut dipamerkan pada pameran Pusaka Nusantara di Grebeg Suro 2024.

Dihelat di Pendopo Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim), mulai Kamis (4/7/2024) malam hingga Sabtu (6/7/2024), pameran ini mampu menyedot perhatian pengunjung. 

Berbagai pusaka dari seluruh Nusantara bisa dilihat oleh warga Bumi Reog. Event ini juga menjadi ajang unjuk kebolehan para empu muda dalam membuat keris.  

Ketua Sekretariat Nasional Keris Indonesia (SNKI), Fadli Zon mengatakan, kegiatan ini sangat berdampak positif bagi masyarakat untuk menjaga kelestarian budaya.

"Ada dua keris Bali. Jika usianya ditangguhkan sekitar abad 16 sampai abad ke-17," ujar Fadli Zon, seperti diberitakan Nusantara TV dalam program TV Today, Jumat (5/7/2024).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, Prabowo memiliki banyak koleksi keris dan sering memberikan hadiah keris kepada tamu-tamu penting.

Menurutnya, keris koleksi Prabowo banyak yang diminta untuk dipamerkan di berbagai tempat.

"Pokoknya kita akan usahakan ikut membantu mengisi koleksi museum Reog, tidak hanya dari para kolektor di Indonesia, termasuk saya juga tentu akan ikut berkontribusi," tambahnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Heru Wahyudi, mengapresiasi pameran Pusaka Nusantara di Grebeg Suro 2024. 

"Barangnya bagus-bagus, terus antik-antik dan langka. Semua model keris saya suka, namanya juga pusaka budaya leluhur," kata Heru.

Pameran keris ini juga menjadi tempat berburu bagi para kolektor dengan harga yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. 

Pameran keris ini merupakan bagian dari kegiatan Grebeg Suro 2024 yang digelar Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk menyambut Tahun Baru Hijriyah.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close