NTV Prime: Meriahnya Festival Wow Indonesia di Washington DC, Disaksikan Puluhan Ribu WNI dan Warga AS

Nusantaratv.com - 29 Agustus 2024

Grup tari asal Papua turut memeriahkan Festival Wow Indonesia di Washington DC/tangkapan layar NTV
Grup tari asal Papua turut memeriahkan Festival Wow Indonesia di Washington DC/tangkapan layar NTV

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang ditampilan dalam Festival Wow Indonesia merayakan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Amerika di Washington DC memukau puluhan ribu warga Amerika dan diaspora Indonesia. 

Ratusan tenda perwakilan UMKM, korporasi dan instansi Indonesia juga diserbu pengunjung. 

Festival Wow Indonesia pertama kalinya diselenggarakan untuk merayakan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika. 

"Ingin menyelenggarakan suatu festival untuk memperkenalkan Indonesia di Amerika Serikat secara lebih besar, lebih komprehensif. Jadi dimulai dari sana setahun yang lalu sebenarnya. Dan kita mencari-cari tempat di mana tempat yang terbaik. Dan kita temukan ada satu tempat di depan Capitol Hill di Pennsylvania Avenue. Memang ini di jantung ibukota Washington DC di mana perhatian masyarakat Amerika Serikat itu akan tertuju. Sehingga masyarakat Amerika Serikat dan dunia juga lebih mengetahui mengenal Indonesia," kata Kuasa Usaha Indonesia Ad-Interim KBRI di Washington DC, Ida Bagus Made Bimantara seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Prime, Kamis (29/8/2024). 

Dangdut, reog, tari Saman, gamelan Jawa, tarian Papua Eco Dance Company dan parade budaya Indonesia dengan kostum nasional menarik  perhatian pengunjung warga  Amerika dan diaspora Indonesia. 

Dan yang tak kalah menarik deretan artis Indonesia Andien, Aurélie Moeremans serta artis global yang namanya besar dan berkarir di Amerika yakni Stephanie Poetri dan Warren Hue. 

"Seru banget. Aku pikir akan bernyanyi untuk orang-orang Indonesia karena namanya Wow Indonesia. Tapi ternyata banyak banget orang-orang yang bukan orang Indo yang datang menonton pada joget-joget dan ikut menari," kata penyanyi Andien.

Selain dihibur budaya dan artis Indonesia pengunjung juga menyerbu 100 tenda kuliner. 

Cuaca panas tidak menghentikan puluhan ribu pengunjung untuk memadati Festival Wow Indonesia yang dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik bagi warga Amerika tentang Indonesia. 

"Banyak yang saya sederhanakan sebetulnya. Tetapi justru isinya, tariannya, transformernya dan lain sebagainya. Biar lebih kekinianlah. Panggung engak usah terlalu heboh. Saya kalau buat acara kan selalu mengutamakan landmark," kata Pengarah Kreatif Wow Indonesia Festival Wishnutama Kusubandio

Menurut informasi KBRI dan perwakilan KBRI pengunjung ditargetkan 30.000. Ternyata jumlah pengunjung yang datang melebihi dari target. 

Kemungkinan Festival Wow Indonesia akan menjadi agenda tetap tahunan untuk mempromosikan Indonesia budaya Indonesia dan produk-produk Indonesia di Amerika. 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close