NTV Prime: Maju Pilgub Jawa Tengah atau Jakarta? Kennedy Muslim Ungkap Peluang Kaesang Pangarep

Nusantaratv.com - 09 Juli 2024

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Kennedy Muslim saat menjadi narasumber dalam dialog NTV Prime di Nusantara TV, Senin (8/7/2024).
Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Kennedy Muslim saat menjadi narasumber dalam dialog NTV Prime di Nusantara TV, Senin (8/7/2024).

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Kennedy Muslim, mengatakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep lebih berpeluang menang dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) ketimbang di Jakarta.

"Saat ini kalau kita berkaca pada hasil survei, tentu saja Kaesang lebih kompetitif dan juga punya peluang jika maju di Jawa Tengah ketimbang di Jakarta," ujar Kennedy saat menjadi narasumber dalam dialog NTV Prime di Nusantara TV, Senin (8/7/2024).

Dibandingkan dengan Jakarta, kata dia, di Jawa Tengah mempunyai lapangan tanding yang masih relatif cair.

"Di Jakarta ada incumben Pak Anies (Baswedan), sedangkan di Jawa Tengah lapangan tanding relatif masih sangat cair, sehingga peluang Kaesang tentu saja lebih besar di Jawa Tengah," tambah Kennedy.

Dia menyebutkan, tantangan yang dihadapi Kaesang adalah terkait kesepakatan di level elit Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Karena kita lihat sudah ada preseden di Sumatera Utara sepertinya akan seru pertarungan, karena koalisi besar sudah berhasil dibentuk oleh menantunya Pak Presiden Jokowi, Bobby (Nasution) melawan PDI Perjuangan yang sendirian. Apakah dinamika serupa akan terjadi di Jawa Tengah? Sangat menarik kita nantikan," imbuh Kennedy.

Sehingga, ungkap dia, PDI Perjuangan perlu berkomunikasi dengan partai-partai lain agar jangan sampai apa yang terjadi di Sumatera Utara terulang di Jawa Tengah. 

"Kalau dilihat dari nuansa di level nasionalnya kita bisa simpulkan saat ini ada aroma pertikaian yang sangat keras antara kubu keluarga Presiden Jokowi dengan PDI Perjuangan, yang merupakan rumah lamanya Presiden Jokowi," tukas Kennedy.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close