NTV Prime: Harimau Sumatera Masuki Pekarangan Masjid di Sumbar, Bukannya Takut Warga Justru Anggap Berkah

Nusantaratv.com - 04 Juni 2024

Harimau Sumatera terekam CCTV memasuki pekarangan masjid Alisma Alius di Solok, Sumbar/tangkapan layar NTV
Harimau Sumatera terekam CCTV memasuki pekarangan masjid Alisma Alius di Solok, Sumbar/tangkapan layar NTV

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Seekor Harimau Sumatera terekam kamera CCTV memasuki pekarangan masjid Alisma Alius di Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Solok, Sumatera Barat. 

Warga setempat bersama Dinas Kehutanan dan BKSDA kemudian menghalau harimau itu dengan suara letusan meriam hampa agar harimau tersebut kembali masuk ke hutan di belakang masjid. 

Rekaman CCTV yang memperlihatkan kedatangan seekor harimau Sumatera ke pekarangan masjid Alisma Alius tersebut viral di media sosial. Terlihat jelas keberadaan harimau di halaman parkiran belakang masjid. 

Seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Today, Selasa (4/6/2024), sekitar 3 menit harimau ini berjalan mengitari wilayah parkiran belakang masjid. Kemudian pergi menghilang ke arah semak belukar yang berada di belakang masjid setelah dihalau dengan suara meriam hampa oleh warga. 

Ini bukan kali pertama kawanan harimau mendekati pemukiman warga di Batang Barus. Harimau sumatera ini memang sering terlihat oleh warga Lubuk Selasih. 

Pihak BKSDA Sumbar memperkirakan harimau itu berusia sekitar 2 tahun berdasarkan ukuran jejak kaki berdiameter 6 cm. 

Sebelumnya di tahun 2022 dari rekaman kamera Trap yang dipasang oleh warga setempat juga pernah terekam video dua ekor harimau Sumatera bersama seekor anaknya yang berjalan di hutan belakang masjid. 

Diperkirakan anak harimau yang terekam tahun 2022 inilah yang masuk ke halaman belakang masjid Alisma Alius baru-baru ini. 

Masjid Alisma ini memang berbatasan langsung dengan kawasan Bukit Barisan yang merupakan habitat hewan liar dilindungi salah satunya harimau. 

Bagi warga Kanagarian Batang Barus keberadaan harimau membawa manfaat dan berkah bagi petani dan berdampak baik bagi hasil pertanian. 

Keberadaan harimau sumatera membuat hasil kebun dan ladang meningkat karena harimau menjadi musuh hama pertanian seperti babi kera dan berbagai hewan perusak lainnya. 

"Ya saya dengar ada harimau memasuki pekarangan masjid. Kejadiannya setelah magrib. Tapi warga tidak takut karena harimau itu tidak mengganggu," ujar seorang warga Batang Barus. 

Wali Nagari Batang Barus, Syamaul Azward mengatakan warga memang sering kali melihat ada harimau mendekati masjid Alisma Alius. 

"Kebetulan masjid yang dibangun itu dulunya memang salah satu perlintasan dari harimau tersebut. Masyarakat Batang Barus sudah terbiasa mendengar munculnya harimau di pinggir pinggiran hutan karena hutan Barus juga dikelilingi Bukit Barissan ada suaka, margasatwa dan cagar alam. Populasi harimau Sumatera itu diperkirakan cukup banyak di wilayah Bukit Barisan," kata Syamsul. 

Di tahun 2023 harimau juga sempat terekam di hutan belakang masjid Alisma. Bagi warga setempat jika mendapati harimau memasuki permukiman maka tidak disakiti atau dibunuh melainkan hanya dihalau agar kembali ke hutan. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close