NTV Morning: UAI Raih Akreditasi Unggul Peringkat Tertinggi dari BAN-PT

Nusantaratv.com - 14 Juni 2024

Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) berhasil meraih Akrediitasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) berhasil meraih Akrediitasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) berhasil meraih Akrediitasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Penetapan Akreditasi Unggul itu tertuang dalam Surat Keterangan BAN-PT Nomor 1152/SK/BAN-PT/Ak/PT/VI/2024.

Akreditasi Unggul merupakan peringkat akreditasi tertinggi kepada perguruan tinggi atau program studi yang dianggap telah memenuhi kriteria akreditasi oleh BAN-PT. 

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi untuk mendapatkan Akreditasi Unggul yaitu terdapat bukti kuat terkait praktik pengembangan budaya mutu, terdapat perolehan status akreditasi program studi, terjadinya efektivitas pelaksanaan pembelajaran, dan adanya publikasi jurnal dalam 3 tahun terakhir. 

BAN-PT telah melaksanakan penilaian, dan telah memutuskan UAI telah memenuhi syarat untuk meraih Akreditasi Unggul.

Rektor Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Prof Asep Saefuddin bersyukur atas status predikat unggul dari BAN-PT. Ini merupakan usaha dari para dosen dan mahasiswa dalam menjalankan Tri Dharma dari UAI. 

"Ke depannya memang harus disiapkan terus, dimana unggul itu menjadi kenyataan. Tidak hanya masa lalu, tapi masa sekarang, masa depan itu ke internal. Semuanya harus terus dijadikan bahan untuk masa depan yang lebih baik. Sedangkan ke eksternal tentunya kita tahu bahwa rasa unggul ini mempunyai dampak terutama untuk para mahasiswa lulusan UAI," ujar Prof Asep, seperti diberitakan Nusantara TV dalam program NTV Morning, Jumat (14/6/2024).  

"Karena perusahaan, baik itu BUMN maupun perusahaan-perusahaan swasta akan melihat Anda sebagai pelamar dari kampus mana? Terus akan dilihat statusnya apa? Kalau statusnya unggul sudah masuk klasifikasi baik maka sudah tidak akan sulit lagi, tinggal yang bersangkutan membuktikan," sambungnya. 

Sementara itu, alumni Magister Hukum UAI, Nina Waty berharap dengan predikat baru tersebut dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan menciptakan lulusan yang cerdas.

"Senang banget sebagai alumni, Universita Al Azhar Indonesia mendapat akreditasi unggul. Berarti perjuangan Rektor dan pembantu-pembantunya untuk bisa memperoleh akreditasi unggul untuk UAI. Harapannya supaya makin banyak mahasiswanya, makin pintar dan cerdas serta banyak mendapatkan beasiswa bisa ke Al Azhar Kairo," sebut Nina Waty. 

Dengan predikat itu, UAI dapat mempermudah lulusannya untuk terjun di dunia kerja. 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close