NTV Morning: TNI Berhasil Evakuasi Jenazah Pilot Selandia Baru yang Tewas Ditembak KKB

Nusantaratv.com - 07 Agustus 2024

Jenazah pilot asal Selandia Baru Glen Malcolm Conning yang tewas dibunuh KKB di Papua dievakuasi
Jenazah pilot asal Selandia Baru Glen Malcolm Conning yang tewas dibunuh KKB di Papua dievakuasi

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Aparat gabungan dari Satgas Damai Cartenz berhasil mengevakuasi jenazah pilot helikopter milik PT Intan Angkasa Air Service bernama Glen Malcolm Conning warga negara Selandia baru ke Kabupaten Mimika Selasa (6/8/2024). 

Korban tewas setelah sempat disandera dan dieksekusi oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di distrik Alama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. 

Dengan menggunakan helikopter carakal milik TNI Angkatan Udara aparat gabungan dari Satgas Damai Cartenz berhasil mengevakuasi jenazah pilot helikopter Glen Malcolm Conning ke Timika, Papua Tengah. 

Jenazah pilot tiba di bandara Timika sekitar pukul 12 siang waktu setempat dan langsung dibawa ke RS Mimika untuk dilakukan visum. 

Aparat gabungan juga sempat melakukan olah TKP ke lokasi kejadian di distrik Alama Kabupaten Mimika Papua Tengah. 

Dari foto yang diperoleh terlihat pilot mengalami luka tembak di bagian tubuh. 

Kasatgas Humas Damai Cartenz dan aparat akan menerbitkan notifikasi kematian karena korban adalah warga negara asing. Dan nantinya akan dikirim ke Selandia Baru. 

Selain itu Tim Gabungan juga telah menurunkan empat tim dari TNI Polri untuk menyisir lokasi kejadian dan menangkap para pelaku. 

Kasatgas Humas Damai Cartenz, Kombes Pol Bayu Suseno

"Bahwa benar untuk jenazah pilot Glen telah tiba di RS Timika dan telah selesai dilakukan visum et repertum. Kemudian yang selanjutnya nanti menunggu secara tertulisnya selesai. Nanti kami dari pihak kepolisian khususnya dari Damai Cartenz akan bekerja sama dengan pihak Polda Papua untuk segera menerbitkan notifikasi kematian," kata Kasatgas Humas Damai Cartenz, Kombes Pol Bayu Suseno seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Morning, Rabu (7/8/2024). 

"Penting sekali karena untuk korban adalah warga negara asing. Dan nanti notifikasi kematian tersebut akan kami kirimkan ke divisi hubungan internasional dan akan dikirimkan kepada pihak negara New Zealand," imbuhnya. 

Sebelumnya pilot asal Selandia Baru bernama Glen Malcolm Conning tewas usai disandera dan dibantai oleh KKB di distrik Alama, Kabupaten Mimika. 

Sang pilot awalnya terbang dari Bandara Mosez Kilangin Timika menuju Distrik Alama, Kabupaten Mimika mengantar empat orang. Di mana dua di antaranya adalah tenaga kesehatan.

Namun naas sampai di distrik Alama helikopter yang dibawa korban didatangi KKB dan kemudian korban ditembak. 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close