NTV Morning: Pria Bersenjata Rusak dan Bakar Vihara Dharma Murni Batam, Pelaku Ngaku Tak Sesuai Keyakinan

Nusantaratv.com - 09 Agustus 2024

Pria bernama Haryanto, warga Sagulung, Batam, ditangkap polisi usai aksinya merusak sekaligus membakar Vihara Dharma Murni, di Batam, Kepulauan Riau.
Pria bernama Haryanto, warga Sagulung, Batam, ditangkap polisi usai aksinya merusak sekaligus membakar Vihara Dharma Murni, di Batam, Kepulauan Riau.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Seorang pria nekat merusak dan membakar Vihara Dharma Murni di Batam, Kepulauan Riau.

Dari tangan pelaku, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa bahan bakar minyak dan dua buah senjata tajam.

Pria bernama Haryanto, warga Sagulung, Batam, ditangkap polisi usai aksinya merusak sekaligus membakar Vihara Dharma Murni. 

Dari rekaman kamera pengawas atau CCTV, Haryanto diketahui masuk ke dalam area Vihara Dharma Murni pada Kamis (8/8/2024) dini hari WIB.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Heribertus Ompusunggu mengatakan, dari penyidikan sementara, pelaku diketahui melakukan aksinya dalam kondisi sadar dan menyebutkan jika tempat ibadah Vihara tidak sesuai dengan keyakinannya.

Selain membawa bensin jenis Pertalite untuk membakar Vihara Dharma Murni, pelaku juga membawa senjata tajam berupa dua buah parang dan pisau. 

"Sedikit perbincangan tadi, dia merasa tempat ibadah itu tidak baik. Dia pingin ke jalan yang lebih baik menurut kepercayaannya," ujar Heribertus, seperti diberitakan Nusantara TV dalam program NTV Morning, Jumat (9/8/2024).  

Sementara itu, penjaga Vihara Dharma Murni, Beng Yaap mengaku kaget saat tiba-tiba Haryanto masuk ke area Vihara dengan cara melompat pagar. 

Dia berupayaa mencegah Haryanto. Namun nahas, dia justru menjadi sasaran serangan pelaku. Haryanto mengejar Beng Yap dengan membawa senjata tajam dan berusaha melukai korban. 

Beruntung, Beng Yap berhasil menghindar dari serangan tersebut. "Pakai pisau mau lempar kami. Jadi kami teriaklah, semua kawan-kawan bantu kejar dia. Mau bakar (Vihara Dharma Murni) pakai minyak bensin," ucap Beng Yaap.

Demi proses penyelidikan, Polresta Balerang hingga kini masih mendalami motif lain dan memeriksa kejiwaan pelaku.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close