NTV Morning: Jokowi Batal Berkantor di IKN Bulan Ini, Kenapa?

Nusantaratv.com - 10 Juli 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers soal dirinya batal berkantor di IKN bulan ini/tangkapan layar NTV
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers soal dirinya batal berkantor di IKN bulan ini/tangkapan layar NTV

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal pindah kantor ke ibukota Nusantara (IKN) pada bulan ini. 

Jokowi juga belum bisa memastikan Kapan keputusan presiden atau Kepres pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN diterbitkan

Presiden Jokowi belum bisa memastikan terkait rencananya untuk pindah ke kantor IKN pada Juli 2024. Ia menegaskan baru akan pindah ke IKN ketika fasilitas dasar seperti air dan listrik sudah siap sepenuhnya.  

Jokowi mengaku sudah menerima laporan rutin dari Kementerian PUPR terkait progres pembangunan IKN namun sejauh ini kesiapan fasilitas dasar masih belum rampung. 

Sementara soal penerbitan Keputusan Presiden (Kepres) tentang pemindahan ibukota, Jokowi masih menunggu perkembangan di lapangan. 

"Airnya sudah siap belum? Listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah," kata Jokowi seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Morning, Rabu (10/7/2024). 

Ditanya apakah Kepres pemindahan ibu kota akan diterbitkan sebelum 17 Agustus 2024? 

"Kepresnya bisa sebelum bisa setelah Oktober. Kita melihat situasi lapangan. Kita tidak ingin memaksakan sesuatu yang memang belum. Jangan dipaksakan. Semuanya dilihat, progres lapangannya dilihat," terangnya. 

Sebelumnya Presiden Jokowi mengaku akan berkantor di ibukota Nusantara atau IKN sekitar akhir Juni atau awal Juli 2024. 

"Optimis untuk kantornya. Ini masih nunggu satu. Air," kata Jokowi saat ditanya soal rencana berkantor di IKN beberapa waktu lalu.

"Airnya ditargetkan Juli," imbuhnya. 

Guna memenuhi kebutuhan air di IKN, kata Jokowi, telah diresmikan Bendungan Sepaku. 

"Tinggal nunggu pompa. Pompa untuk menaikkan air kemudian dialirkan ke bangunan ke rumah-rumah yang ada di ibukota Nusantara," ungkapnya. 

Disinggung soal groundbreaking pembangunan sarana dan pra sarana pendidikan di IKN. 

Jokowi mengatakan ada tahapan-tahapan dalam proses pembangunan sarana dan prasarana pendukung IKN. 

"Ini kan tahapan-tahapan. Pertama, bangunan pemerintah kemudian keuangan kemudian ada olahraga.  

"Kemudian yang dua hari ini yang banyak adalah bidang pendidikan baik SD, SMP, SMA maupun universitas," jelasnya. 

"Saya kira semuanya berjalan. Kita harapkan semuanya berjalan dengan baik," tukasnya. 

Kepastian Presiden berkantor sebelumnya juga disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

"Kementerian PUPR optimis tahap awal pembangunan IKN bisa beroperasi secara fungsional dan dimanfaatkan pada bulan Juli. Salah satunya adalah kantor Presiden Jokowi. 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close