NTV Morning: Geger! Beruang Madu Keluyuran Cari Makan di Tempat Sampah, Warga Jadi Was-was dan Takut

Nusantaratv.com - 15 Agustus 2024

Seekor beruang madu keluyuran mencari makan di tempat sampah dekat pemukiman warga di Lampung
Seekor beruang madu keluyuran mencari makan di tempat sampah dekat pemukiman warga di Lampung

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Warga di lingkungan Jatim Mulyo 1, Kelurahan Pasar Liwa Balik Bukit, Lampung digegerkan dengan kemunculan seekor beruang madu yang mencari makan di lokasi pembuangan sampah. 

Kemunculan hewan liar tersebut telah berulang kali hingga membuat warga sekitar khawatir. 

Penampakan beruang madu liar tersebut sempat direkam warga. Dalam rekaman video terlihat hewan liar itu mengorek sisa makanan dalam karung yang berada di tempat pembuangan sampah. Hewan liar tersebut nampak asik mencari makan tanpa menghiraukan keadaan sekitar. 

Tak hanya sekali. Satwa liar tersebut kembali mencari makan pada malam hari.

Menurut kepala lingkungan sekitar beruang madu pertama kali ditemukan oleh warga yang hendak membuang sampah. Awalnya warga mengira bahwa hewan yang dilihatnya adalah anjing. Merasa aneh dengan bentuknya yang besar setelah diamati ternyata hewan tersebut adalah beruang madu. 

Kaget dengan apa yang dilihat warga yang melihat langsung melaporkan kepada kepala lingkungan setempat. Kawasan sekitar lokasi pembuangan sampah merupakan lingkungan padat penduduk dan hanya sekitar 100 m dari Pasar Liwa. 

Akibat kemunculan hewan liar tersebut warga was-was untuk beraktivitas di sekitar lokasi. Takutnya hewan liar yang dimaksud menyerang warga sekitar.

"Setiap waktu ada. Setiap malam atau pagi. Saat sepi begini kadang-kadang muncul dia," kata Kepala lingkungan Jati Mulyo, Feri seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Morning, Kamis (15/8/2024).  

Sepengetahuan Feri, beruang madu liar yang sering menyatroni tempat sampah untuk mencari sisa makanan berjumlah dua ekor. Namun ada warga yang mengatakan jumlahnya tiga ekor. 

"Yang satu sebesar anak sapi, satunya lagi sebesar kambing," ungkapnya. 

Sementara itu, Dandim 0422 Lampung Barat Letkol Inf Rinto Wijaya mengatakan peristiwa kemunculan beruang madu di tempat sampah dekat pemukiman warga bukan baru pertama.

"Memang sudah berulang kali. Dan bukan hanya beruang ada juga harimau. Turun dari wilayah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Kondisi ini bisa kita lihat bahwa makanan yang sudah mulai berkurang di wilayah TNBBS sehingga mereka turun ke pemukiman dalam rangka mencari makan," kata Dandim 0422 Lampung Barat Letkol Inf Rinto Wijaya.

Hingga saat ini Dandim Lampung Barat sedang berkoordinasi dengan BKSDA untuk melakukan mitigasi dan menghimbau warga tidak beraktivitas di dekat lokasi kemunculan beruang tersebut.

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close