NTV Morning: Diresmikan Jokowi, Jembatan Pulang Balang Baru Bisa Digunakan pada Desember 2024

Nusantaratv.com - 29 Juli 2024

Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), ternyata tidak bisa langsung digunakan masyarakat umum.
Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), ternyata tidak bisa langsung digunakan masyarakat umum.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Usai diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (28/7/2024) sore, jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), ternyata tidak bisa langsung digunakan masyarakat umum. 

Pemerintah melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) menargetkan jembatan Pulau Balang ini baru akan dibuka untuk umum pada Desember 2024. 

Jembatan Pulau Balang ini diklaim merupakan jembatan dengan bentang terpanjang kedua di Indonesia, karena memiliki panjang mencapai 1.750 meter. 

Pembangunan jembatan Pulau Balang yang dimulai sejak 2015 telah dinyatakan tuntas 100 persen dan hanya menyisakan tahapan akhir. 

Direktur Pembanguna Jembatan BPJN Wida Nur Faidah mengatakan, pemerintah menargetkan jembatan ini akan dibuka untuk umum pada Desember 2024. 

Ke depannya, jembatan Pulau Balang bakal menjadi jalan penghubung antara Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Selain itu, yang terpenting dari pembangunan jembatan Pulau Balang ini adalah sebagai penghubung langsung antara Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN). 

"Jembatan ini sudah cukup lama dibangun, salah satu tujuannya adalah menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara. Selain itu, yang penting saat ini adalah menghubungkan Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan," kata Wida, seperti diberitakan Nusantara TV dalam program NTV Morning, Senin (29/7/2024).

Wida menambahkan, pihaknya belum bisa mengoperasikan jembatan tersebut untuk umum dikarenakan jalan pendekat dari sisi Kota Balikpapan masih dalam tahap pengerjaan.

Selain itu, jembatan Pulau Balang juga akan terkoneksi dengan Jalan Tol Balikpapan-IKN, sehingga jembatan ini baru bisa dibuka untuk umum dan dioperasikan pada Desember 2024.

"Karena memang ini adalah jambatan yang berkoneksi dengan jalan tol, sehingga kami akan melaksanakan setelah penyelesaian tol juga diselesaikan pada Desember 2024," jelasnya. 

Pembangunan jembatan Pulau Balang telah menelan anggaran sekitar Rp1,43 triliun, dan diharapkan bisa mendongkrak roda pemerintahan serta masyarakat sekitar. 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close