NTV Morning: CCTV Detik-Detik Pembunuhan Vina Cirebon Masih Misteri, Benny Mamoto: Jangan Percaya Sembarangan!

Nusantaratv.com - 06 Juni 2024

Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Jozua Mamoto meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan video yang tidak jelas sumbernya terkait pembunuhan Vina.
Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Jozua Mamoto meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan video yang tidak jelas sumbernya terkait pembunuhan Vina.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Beredar rekaman CCTV detik-detik pembunuhan Vina Dewi Arsita (Vina) dan Muhammad Rizky (Eky), di Cirebon, Jawa Barat, pada 2016, yang viral di media sosial.

Potongan CCTV itu diduga di atas Jembatan Talun, Cirebon, yang menjadi lokasi Vina dan Eky ditemukan tewas tergeletak.

Dalam tangkapan layar rekaman CCTV, tampak sekelompok orang mengendarai motor diduga pelaku kasus Vina Cirebon.

Kasus Vina Cirebon merupakan kasus pembunuhan dan pemerkosaan sepasang remaja oleh anggota geng motor. Kasus ini belum tuntas sejak 8 tahun lalu akibat masih ada tersangka yang buron.

Lantas, benarkah CCTV pembunuhan Vina Cirebon dan Eki 2016 yang viral itu asli?

Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen (Purn) Benny Jozua Mamoto meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan video yang tidak jelas sumbernya.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin membantu polisi mengusut kasus pembunuhan Vina agar menyertakan sumber setiap barang bukti sehingga proses penyelidikan bisa lebih akurat.

"Kalau polisi yang menyajikan itu harus diuji. Karena harus dipertanggungjawabkan. Pertanyaannya, yang meng-upload pertama ini menginfokan nggak sumbernya dari mana, akurasinya, validitasnya. Kalau itu semua dilakukan maka sudah pasti diekspos," ujar Benny, seperti diberitakan Nusantara TV dalam program NTV Morning, Kamis (6/6/2024).

Menurutnya, siapapun saat ini bisa melakukan dan memungkinkan untuk melakukannya. Jika memang yang meng-upload video tersebut memiliki niatan positif membantu penyidikan, silahkan disebutkan sumbernya.

"Misalkan saya punya CCTV di rumah, terus ngadap ke mana, kemudian saya ambil, saya edit, lalu saya narasikan. Sekarang ini semua bisa dilakukan. Seandainya yang meng-upload punya niatan positif untuk membantu penyidikan, sebutkan saja ini saya ambil dari sumber ini," tukas Benny.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close