NTV Morning: Berusia 109 Tahun, Hardjo Mislan Jadi Haji Tertua di Embarkasi Surabaya

Nusantaratv.com - 16 Mei 2024

Hardjo Mislan yang berusia 109 tahun menjadi haji tertua di Embarkasi Surabaya.
Hardjo Mislan yang berusia 109 tahun menjadi haji tertua di Embarkasi Surabaya.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.om - Jamaah calon haji tertua berusia 109 tahun bernama Hardjo Mislan bakal diberangkatkan ke Tanah Suci pada Kamis (16/5/2024). 

Hardjo telah tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jawa Timur (Jatim), pada Rabu (15/5/2024). Calon haji asal Ponorogo itu langsung ditempatkan di gedung khusus lansia untuk beristirahat.

Hardjo berangkat haji bersama anak, menantu, dan besannya yang juga sudah berusia lanjut. Hardjo menjadi jamaah calon haji tertua asal Indonesia pada tahun ini.

Kendati telah berusia lebih dari seabad, veteran pejuang kemerdekaan itu masih terlihat sehat dan kuat berjalan sendiri.

Namun, guna memudahkan mobilitasnya, Hardjo dibantu menggunakan kursi roda. Agar tetap sehat, bapak tujuh anak ini mengaku rutin berolahraga ringan.

"Senang (bisa berangkat haji). (Persiapannya) rutin berolahraga pagi," ungkap Hardjo, Rabu (15/5/2024).

Dia mengaku tidak punya doa khusus saat di Tanah Suci, Makkah, nanti. Hardjo hanya meminta diberikan yang terbaik untuk hidupnya.

Menurut anak Hardjo Mislan, Sirmad, sebelumnya pada 2017 sang ayah juga sempat menjalankan ibadah umrah, kemudian didaftarkan haji pada 2019. 

Selain ikut membela Indonesia dari penjajah, Hardjo dulunya juga bekerja sebagai petani dan perangkat desa.

"Kalau masalah panjang umur rahasia Allah. Kebiasaan Mbah Kung (Hardjo Mislan) suka silaturahim, suka sholat malam, puasa Senin-Kamis, dan puasa Syawal," ujar Sirmad.

Terdapat sebanyak 371 jamaah calon haji kloter 19 asal Ponorogo, Jawa Timur (Jatom), tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close