NTV Morning: Belasan ASN di Kabupaten Lumajang Terjerat Pinjaman Online

Nusantaratv.com - 09 Agustus 2024

Belasan ASN di Kabupetan Lumajang, Jawa Timur, terjerat pinjaman online.
Belasan ASN di Kabupetan Lumajang, Jawa Timur, terjerat pinjaman online.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Belasan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupetan Lumajang, Jawa Timur (Jatim), terjerat pinjaman online (pinjol). 

Hal ini terungkap dari sejumlah interograsi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lumajang terkait perilaku indispliner yang dilakukan para ASN. 

Sejumlah ASN di Kantor Pemerintahan Kabupaten Lumajang mengalami penurunan performa dan kerap berlaku indisipliner. 

Setelah diperiksa, ternyata 19 ASN tersebut terlibat pinjol. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lumajang, Achmad Taufik membenarkan hal tersebut. 

Melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang kini melakukan pengawasan terhadap setiap ASN. 

Hal ini lantaran gaya hidup dan kemajuan global yang semakin memudahkan untuk belanja online. Sayangnya, hal tersebut tidak diimbangi dengan kemampuan ekonomi yang baik. 

"ASN terkena pinjol itu berawal dari dia melakukan pelanggaran disilplin. Contoh dia sering tidak masuk, kemudian gajinya juga sudah sangat minim. Enggak masuknya kenapa? Karena banyak orang nagih. Ternyata yang nagih di antaranya adalah pinjaman online, dan mungkin pinjaman-pinjaman yang lain. Jadi terungkap salah satunya itu terlibat pinjaman online," ujar Achmad Taufik, seperti diberitakan Nusantara TV dalam program NTV Morning, Jumat (9/8/2024).  

"Untuk jumlah sekitar belasan dari 12.000 ASN yang ada di Kabupaten Lumajang. Faktornya ekonomi dan gaya hidup," sambungnya. 

Saat ini Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang melakukan pengawasan dan pengetatan pada setiap ASN melalui OPD tempat ASN tersebut bekerja.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close