NTV Morning: Baru Pulih dari Sakit, Paus Fransiskus Tempuh Perjalanan 33.000 KM dan 13 Jam Menuju Jakarta

Nusantaratv.com - 03 September 2024

Paus Fransiskus memasuki pesawat yang akan membawanya menuju Indonesia
Paus Fransiskus memasuki pesawat yang akan membawanya menuju Indonesia

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Paus Fransiskus meninggalkan Roma pada hari Senin menuju Jakarta di mana pemimpin Gereja Katolik sedunia yang berusia 87 tahun itu akan memulai tur selama 12 hari keempat negara di Asia Tenggara.  

Sementara itu ratusan petugas gabungan disiapkan di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten.  

Penerbangan yang membawa Paus Fransiskus dan rombongan akan memakan waktu 13 jam menuju Jakarta. 

Paus akan berada di Indonesia hingga Jumat 6 September 2024. 

Ia kemudian dijadwalkan mengunjungi Papua Nugini, Timor Leste dan Singapura sebelum kembali ke Roma pada 13 September mendatang. 

Selama kunjungan tersebut Paus dan akan menjadi pembicara utama dalam lebih dari 40 acara. 

Ini adalah perjalanan terpanjang yang pernah dilakukan Paus yang sekarang secara teratur menggunakan kursi roda karena nyeri lutut dan punggung serta telah mengalami beberapa kali sakit. 

Sementara itu jelang kedatangan Paus Fransiskus pengamanan Bandara internasional Soekarno Hata Tangerang, Banten diperketat. Guna memastikan keamanan dan kelancaran Paus Fransiskus saat tiba di tanah air petugas menyiapkan ratusan petugas gabungan.

Ada tiga pengamanan berlapis yang dirancang untuk mencegah potensi ancaman. Di mana pada Ring Satu pengamanan terdiri dari unsur Paspampres, Ring Dua unsur TNI Polri dan Ring 3 Polri bersama Aviation Security. 

Usai apel gelar pasukan Polresta Bandara Soekarno-Hatta melakukan tactical floor game guna memastikan kesiapan para personel gabungan di titik pengamanan yang sudah direncanakan. Sementara guna memastikan jalur lintasan ini lalui steril satuan lalur lintas melakukan sterilisasi jalan dengan menggunakan mobil pembersih ranjau paku. 

"Untuk di Polresta Bandara Soekarno-Hatta kami menyiagakan 150 anggota tetap dan ada BKO dari Polda Metro Jaya dalam hal ini dari Brimob baik dari pasukan pelopor maupun masukkan Gegana serta Samapta polde Metro Jaya sejumlah 140. Jadi total ini mencapai 270 personel," kata kata Kapolresta Bandara Internasional Soekarno-Hatta Kombes Pol Roberto GM Pasaribu, seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Morning, Selasa (3/9/2024). 

Roberto menjelaskan dalam acara ini sebenarnya ada dua rangkaian kegiatan yang bersamaan dan bersifat internasional. 

"Yang pertama kita pengamanan kedatangan Paus Fransiskus di dalam kunjungan kenegaraan dan misa ibadah. Dan satu lagi adanya International Sustainability Forum ini forum tahunan yang dilaksanakan oleh Kementerian Menko Marves," ujarnya. 

"Dan hal ini juga kami berperan di dalam upaya untuk pengamanan ketibaan di Bandara Soekarno-Hatta. Tetapi polisi mengambil di dalam Ring 3," imbuhnya. 

Kurang lebih total ada 700 personel yang terlibat dalam pengamanan berlapis di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close