NTV Goes To Campus: Percaya Diri, Kunci Sukses Berbicara di Depan Publik

Nusantaratv.com - 17 September 2024

Event Nusantara TV Goes To Campus memberikan motivasi kepada mahasiswa Universitas Indonesia (UI) agar semakin percaya diri saat berbicara di depan publik (public speaking).
Event Nusantara TV Goes To Campus memberikan motivasi kepada mahasiswa Universitas Indonesia (UI) agar semakin percaya diri saat berbicara di depan publik (public speaking).

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-NTV Goes To Campus yang digelar di Universitas Indonesia (UI) pada Selasa 17 September 2024, berlangsung meriah. Sekitar 275 mahasiswa dari beberapa Program Studi yakni Penyiaran Multimedia, Hubungan Masyarakat, dan Periklanan Kreatif hadir di Auditorium Vokasi UI, Depok.

“Kemampuan public speaking sangat penting, dan ini melalui jalan panjang yang bisa dipelajari,” kata Budiman Mahmud Musthofa, Ketua Departemen Sosial Humaniora Terapan, saat membuka acara NTV Goes To Campus.

Event ini menghadirkan pembicara Bayu Oktara, praktisi komunikasi publik, dan Donny de Keizer, Ketua Umum Indonesian Professional Speaker Association. Presenter NTV Gati Kamka menjadi host acara NTV Goes To Campus.

“Acara NTV Goes To Campus ini menjadi sarana mendekatkan diri Nusantara TV kepada para pemirsa. Acara ini juga salah satu cara mempromosikan NTV," ujar Maryadi, Direktur Komersial Nusantara TV.

Dua pembicara, Bayu Oktara dan Donny de Keizer, sukses membuat acara meriah lewat analogi, tips dan sisipan beberapa humor mereka. NTV Goes To Campus di UI pun membuat mahasiswa jadi interaktif.

"Kemampuan public speaking itu seperti mesin EDC yang bisa mewujudkan semuanya," tutur Bayu Oktara.


Bayu Oktara saat jadi pembicara dalam acara Nusantara TV Goes To Campus di Universitas Indonesia (UI) 

Menurut Bayu, percaya diri (self confidence) memegang peranan penting. Dan hal ini bisa tercipta dari kemampuan seseorang mengatasi kelemahan-kelemahan kecil, selalu berpikir cepat dan interaktif.  

Yoga Eka Putra, mahasiswa Prodi Humas angkatan 2023, mengagumi kemampuan Bayu mengatasi situasi saat terjatuh ketika menjadi presenter acara sebuah jumpa pers internasional.

Menurutnya, kemampuan berpikir cepat dan interaktif menjadi kunci lain mencairkan suasana.

Sementara itu, Donny de Keizer yang akrab disapa DK menyebut sukses dimulai dari pikiran (mindset), bahkan kadang-kadang lewat cara luar biasa (extraordinary way).
Sukses juga bisa dilatih dari kebiasaan seseorang.

DK memberikan 8 tips agar sukses dalam hal public speaking yakni; skill public speaking, adab di atas ilmu, time management, percaya diri, kepo, adaptif, tahan banting, dan banci casting.

"Pokoknya, kalau mau sukses harus berani," ucap Donny de Keizer yang sempat membuat suasana riuh karena memberikan hadiah beberapa cokelat kepada mahasiswa UI.


Praktisi komunikasi publik, dan Donny de Keizer saat jadi pembicara dalam acara Nusantara TV Goes To Campus Universitas Indonesia (UI)

Sesi tanya jawab dengan dua narasumber membuat acara Goes To Campus makin interaktif. Bayu Oktara menjawab pertanyaan Yoga, mahasiswa Humas, agar percaya diri melontarkan humor kepada hadirin, meski tetap harus melihat situasi dan kondisi.

Sedangkan Donny de Keizer memberi arahan kepada Hana, mahasiswi Prodi Penyiaran Multimedia, agar memperbanyak jaringan (network) jika ingin sukses dalam lingkungan pekerjaan kelak.  

NTV Report Challenge menutup acara NTV Goes To Campus di Kampus UI. Dua mahasiswi ditantang untuk menjadi presenter melaporkan dari lapangan. Setelah itu, mereka mendapatkan hadiah menarik. Sebagai hiburan, NTV Goes To Campus menampilkan stand up comedy dari komika Rizal Said.

NTV Goes To Campus didukung oleh Wondr by BNI. NTV Goes To Campus masih akan digelar di beberapa kampus universitas negeri dan swasta ternama di Tanah Air.

"Acara NTV Goes To Campus ini menjadi sarana mendekatkan diri Nusantara TV kepada para pemirsa. Selain itu juga untuk menjalin relasi antara dunia Pendidikan dan Korporasi," kata Maryadi, Direktur Komersial Nusantara TV 

 

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close