Normalisasi Sungai, DKI Bakal Bebaskan Lahan 300 Meter

Nusantaratv.com - 18 Mei 2022

Normalisasi sungai. (Detikcom)
Normalisasi sungai. (Detikcom)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta berencana melaksanakan pembebasan lahan sepanjang 300 meter. Ini dilakukan guna mendukung proyek normalisasi sungai.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Yusmada Faizal menjelaskan, pembebasan lahan itu akan dilakukan di wilayah Jati Keramat, Jakarta Timur melalui program penanggulangan banjir 2023.

"Itu rencananya kita yang di Jati Keramat, karena sudah (akan) ada pembebasan 300 meter," ujarnya dalam rapat kerja bersama Komisi D, Selasa (17/5/2022).

Yusmada menjelaskan, langkah pembebasan lahan itu akan masuk kegiatan restorasi sungai dengan total pagu anggaran sebesar Rp237,8 miliar.

Dirinya mengklaim rencana itu juga sebagai bentuk komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk melanjutkan proyek normalisasi yang telah berlangsung sejak era Gubernur DKI Fauzi Bowo dahulu.

Lebih lanjut, ia mengatakan akan ada tujuh wilayah kelurahan di area tersebut yang menjadi prioritas utama pembebasan lahan. Adapun dua kelurahan yang sudah dilakukan pembebasan lahan merupakan Kelurahan Cawang dan Rawajati.

Sementara untuk Kelurahan Kebon Baru, Manggarai, Pengadegan, Bidara Cina dan Kampung Melayu, menurut Yusmada baru bakal diwujudkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Programnya itu tentu (terkait) pembebasan lahan, ini dengan Kementerian (PUPR) sepakat wujud rencananya dulu yang mana, baru kita dekati dengan program," kata dia.

Di sisi lain, dia mengatakan Kementerian PUPR saat ini juga mulai bergerak melakukan pengerjaan normalisasi di kelurahan-kelurahan yang saat ini sudah selesai dilakukan pembebasan lahan.

"Alhamdulillah itu (proses konstruksi) sudah kontrak dari Kementerian PU," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close