Nikson Nababan Ingin Jadikan Tapanuli Utara sebagai Miniatur Pancasila

Nusantaratv.com - 02 Maret 2023

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M.Si., menyerahkan dana hibah kepada lembaga ormas, lembaga keagamaan dan rumah ibadah. (Istimewa/formatnews.id)
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M.Si., menyerahkan dana hibah kepada lembaga ormas, lembaga keagamaan dan rumah ibadah. (Istimewa/formatnews.id)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M.Si., menyerahkan dana hibah kepada lembaga ormas, lembaga keagamaan dan rumah ibadah.

Kegiatan itu dilaksanakan di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, pada Kamis (2/3/2023). Dia didampingi Pj. Asisten Bagian Kesra Alexander Gultom dan Kabag Kesra Denny Simamora. 

Dana hibah tersebut berasal dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Tapanuli Utara tahun 2023. Dana hibah itu diserahkan secara simbolik oleh Nikson Nababan kepada masing-masing penerima.

Dalam kesempatan itu, dia mengaku sangat bersyukur karena bisa berkumpul serta duduk bersama dengan semua lembaga keagamaan di Tapanuli Utara. Kendati terdapat perbedaan, namun menurutnya kita semua keluarga di Taput.

"Saya selalu mengatakan mari kita buat Tapanuli Utara miniatur Pancasila. Kita harus menerapkan budaya saling menghargai dan saling menghormati meskipun kita punya perbedaan agama. Dengan kedamaian kita bisa mewujudkan kesejahteraan Kabupaten Tapanuli Utara," ujar Nikson Nababan, dikutip Kamis (2/3/2023).

Pemberian dana hibah, kata dia, adalah untuk penguatan lembaga-lembaga keagamaan dan sarana keagamaan agar lebih berdaya dalam menjalankan program-program keumatan. "Ini terus kita dorong agar lebih maju," lanjutnya.

Dia berharap dana hibah tersebut bisa dimanfaatkan sebagai mana mestinya. "Tidak disalahgunakan dan harus memperhatikan asas keadilan, kepatuhan, rasionalitas, dan manfaat untuk masyarakat," tambah Nikson Nababan.

Dalam laporannya Kabag Kesra Denny Simamora menyampaikan rumah ibadah yang mendapat bantuan hibah pada tahun 2023 sebanyak 68 rumah ibadah yang terdiri dari 64 gereja yang terdiri dari 17 denominasi antara lain denominasi gereja HKBP, HKI, GKPI, KATOLIK, GEPKIN, GEREJA PENTAKOSTA, GPSDI, BNKP, GPI, GKKI, GPT, GPKB, GKPA, GPDI, GBI, 3 Masjid dan 1 Vihara.

Sementara untuk tertib administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan, panitia pembangunan rumah ibadah yang telah ditetapkan wajib melengkapi berkas pencairan hibah yang dilanjutkan dengan penandatangan Nota Hibah Perjanjian Daerah (NPHD) yang di tandatangani bersama oleh Sekretaris Daerah atau Bupati Tapanuli Utara dan ketua panitia pembangunan rumah ibadah sesuai jumlah besaran bantuan dana hibah yang diterima.

Adapun anggaran bantuan hibah kepada pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana peribadatan tahun 2023 ditampung pada APBD tahun anggaran 2023 senilai Rp1.500.000.000, pada Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])