Niat Ngonten, Pria Nyaris Tewas Ditarik Orang Utan Kebun Binatang Riau

Nusantaratv.com - 08 Juni 2022

Pengunjung ditarik orang utan Kebun Binatang Riau.
Pengunjung ditarik orang utan Kebun Binatang Riau.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Seorang pria ditarik orang utan kala mengunjungi Kebun Binatang Kasang Kulim, Kampar, Riau. Peristiwa terjadi kala pria tersebut menerobos pembatas kandang demi membuat konten.

Pria tersebut nyaris celaka usai ditarik-tarik orang utan. Rekaman video insiden itu viral di media sosial.

Dalam rekaman video, tampak bahwa pengunjung tersebut terlalu dekat dengan orang utan. Mereka hanya terpisah jeruji kandang.

Pria itu terlihat di depan kamera mencoba berinteraksi dengan orang utan di dalam kandang. Namun tiba-tiba orang utan itu menariknya.

Pada awalnya orang utan hanya menarik baju, tapi kemudian kaki pria itu juga ikut ditarik. Seorang pria yang hendak menolongnya bahkan ikut ditarik.

Pria tersebut pun panik dan ketakutan. Saat dia berusaha melepaskan diri, tapi orang utan itu justru makin kuat menarik kaki pria tersebut ke kandang. Dia pun menjerit histeris.

"Kejadian kemarin saat jam makan siang. Jadi pengunjung ini buat video melewati pembatas," ujar Pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim, Desrizal, Selasa (7/6/2022).

Dia mengungkapkan, pria tersebut membuat konten video tanpa izin petugas. Beruntung pria tersebut tak terluka lantaran hanya ditarik saja.

Korban sendiri ialah pria berinisial HA itu adalah warga Manyar Sakti Pekanbaru. Pengelola menduga HA sengaja memanfaatkan kelengahan petugas saat istirahat untuk membuat konten dengan melewati pagar pembatas kandang satwa.

Kondisi orang utan itu sudah dewasa. Usianya 15 tahun.

Warganet pun gaduh membicarakan peristiwa itu, mulai dari jarak kandang sampai keamanan pengunjung.

Plt. Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara menjelaskan timnya langsung menginvestigasi peristiwa tersebut.

Usai dicek, kandang tersebut dinilai memenuhi persyaratan dengan terdapat pembatas dengan jarak yang cukup aman bagi pengunjung. Selain itu terdapat papan peringatan agar pengunjung tidak memberi makan satwa dan melewati pagar pembatas.

Timnya juga menyosialisasikan dan mengimbau, baik secara lisan maupun tertulis, agar pengelola Kasang Kulim Zoo meningkatkan pengawasan kepada pengunjung secara periodik.

Petugas pun diminta melaksanakan tugas bergilir sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.

Sementara, HA telah dilakukan pemanggilan untuk pembinaan. Dirinya akan kembali dimintai keterangan hari ini di kantor Balai Besar KSDA Riau.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close