Nggak Ngaruh! Dipecat IDI, Terawan Tetap Praktik di RSPAD

Nusantaratv.com - 29 Maret 2022

Terawan Agus Putranto. (Net)
Terawan Agus Putranto. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Manajemen Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto memastikan mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto masih berpraktik sebagai dokter.

Direktur Utama RSPAD Gatot Subroto Letjen A. Albertus Budi Sulistya menjelaskan, pemecatan keanggotaan Terawan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) masih berupa usulan dari Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK).

"Beliau masih berpraktik di RSPAD Gatot Soebroto. Jadi itu bukan pemecatan. Itu kan saran dari Ketua MKEK kepada PB IDI, yang terjadi kan itu," ujar Budi, Selasa (29/3/2022).

Budi belum bisa memastikan terkait nasib Terawan apabila putusan pemecatan keanggotaan Terawan dari IDI sudah final.

"Pada saatnya saya selaku Kepala RSPAD Gatot Soebroto akan memberikan penjelasan," kata dia, mengutip CNNIndonesia.com.

IDI memutuskan mencabut keanggotaan Terawan dalam Muktamar XXXI di Banda Aceh, akhir pekan lalu. Pemberhentian keanggotaan Terawan dilakukan selambat-lambatnya 28 hari kerja sejak keputusan tersebut dibacakan.

Anggota IDI James Allan Rarung memastikan pemecatan Terawan dari keanggotaan IDI belum definitif karena masih ada forum pembelaan. James menyebut Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi memberikan kesempatan kepada Terawan untuk membela diri.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan pihaknya akan membantu mediasi antara pihak IDI dan Terawan atas sengkarut pemecatan ini. Budi mengaku tengah mengamati dinamika dan perdebatan antara IDI dan Terawan.

Mantan wakil menteri BUMN itu memahami masing-masing organisasi memiliki aturannya tersendiri. Sama halnya dengan IDI yang diamanahkan oleh UU tentang Praktik Kedokteran untuk melakukan pengawasan terhadap para anggotanya.

"Kemenkes akan memulai dan membantu proses mediasi antara IDI dan anggota-anggotanya agar komunikasinya baik, sehingga situasi terbangun kondusif," ujarnya, Senin (28/3/2022).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close