Netanyahu: Israel Tidak Berniat Duduki Gaza

Nusantaratv.com - 11 Januari 2024

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu. (Istimewa)
Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu pada Rabu (10/1/2024) mengatakan, Israel tidak berniat untuk mempertahankan pendudukan di Gaza atau menggusur warga sipil.

Netanyahu menyampaikan pernyataan tersebut sehari sebelum pembukaan sidang di Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda, mengenai dugaan genosida warga Palestina di Jalur Gaza.

"Saya ingin memperjelas beberapa hal, Israel tidak berniat menduduki Gaza secara permanen atau menggusur penduduk sipilnya," kata Netanyahu, dilansir dari Xinhua, Kamis (11/1/2024).

Dia mengatakan pemboman Israel di Gaza ditujukan kepada kelompok militan Palestina Hamas. "Bukan penduduk Palestina, dan kami melakukannya sesuai dengan hukum internasional," lanjutnya.

Netanyahu menambahkan, Tentara Israel berupaya semaksimal mungkin meminimalkan korban sipil, sementara Hamas melakukan yang terbaik untuk memaksimalkannya dengan menggunakan warga sipil Palestina sebagai tameng manusia.

"Tujuan kami adalah membersihkan Gaza dari teroris Hamas dan membebaskan sandera kami," imbuhnya.

Sejak Hamas melancarkan serangan mendadak pada 7 Oktober, sekitar 1.200 orang di Israel, termasuk 790 warga sipil, tewas dalam serangan awal ketika ratusan pejuang Hamas dan warga Gaza menyerbu komunitas di wilayah selatan. Hamas menyandera 253 orang, dengan 132 orang masih ditahan di Gaza.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas melaporkan jumlah korban tewas warga Palestina akibat agresi Israel yang sedang berlangsung telah meningkat menjadi 23.357 orang, dan sekitar 1,9 juta dari 2,3 juta penduduk Gaza mengungsi karena pemboman Israel yang meratakan seluruh wilayah. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close