Nestapa Caleg Gagal di Subang, Ditinggal Istri dan 120 Hektar Sawah Ludes

Nusantaratv.com - 11 Maret 2024

Haji Ahmad Rizal caleg yang sempat viral diberitakan nyalakan petasan karena gagal (kiri) bersama mantan Bupati Purwakarta Dedy Mulyadi/ist
Haji Ahmad Rizal caleg yang sempat viral diberitakan nyalakan petasan karena gagal (kiri) bersama mantan Bupati Purwakarta Dedy Mulyadi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Viral di media sosial caleg gagal di Subang nyalakan petasan dan bongkar jalan. Belakangan diketahui caleg tersebut adalah Haji Ahmad Rizal yang maju sebagai caleg DPRD Kabupaten Subang, Jawa Barat dari Dapil IV.

Belum lama ini Haji Ahmad Rizal bertemu dengan mantan Bupati Purwakarta Dedy Mulyadi. Perbincangan mereka ditayangkan di channel Youtube Dedi Mulyadi, Sabtu (9/3/2024).

Pria yang akrab disapa Haji Rizal tersebut ternyata petahana yang sudah tiga kali berturut-turut terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Subang. Dengan demikian ia akan menjabat untuk keempat kalinya jika terpilih pada Pileg 2024 

"Sedapil saya cuma dapat 4.600 (suara). Saya kan sudah tiga periode, ini mau yang keempat. Periode pertama itu 12.500, periode kedua 7.800, yang ketiga 12.656," tutur Ahmad Rizal.

Haji Rizal mengaku tak pernah melakukan money politic sejak pertama kali maju pada Pileg 2009. Karena sejak era 80-an dia sudah aktif membantu warga, mulai dari membenahi infrastruktur jalan, perbaikan irigasi dan lain-lain.

"Saya pribadi gak mau (ngasih amplop). Kalau saya ngasih ke rakyat, saya jelaskan itu bukan menghargai tapi menghinakan. Tidak saya mah dari dulu juga," ungkapnya. 

Dengan rekam jejak dan rekam suksesnya tiga kali berturut-turut terpilih sebagai Anggota Dewan, Haji Rizal pun optimistis bakal kembali meraih simpati warga ada Pileg 2024. Namun fakta berkata lain, perolehan suaranya tak memenuhi syarat untuk terpilih.

Menurutnya ada dua faktor yang membuat perolehan suaranya di Pileg 2024 jauh dari target. Pertama, suara pemilih terpecah karena ada dua calon putra daerah. Kedua, banyak warga yang tergoda oleh serangan fajar sehingga memilih calon yang baru dikenal. 

Meski kalah ia tetap menerima kenyataan.

Baca juga: Viral Caleg Gagal Diduga Depresi, di Rumah Pakai Jas dan Peci Seperti Anggota DPR

Ditinggal Istri dan 120 Hektar Sawah Ludes

Selama tiga periode menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Subang ternyata tak lantas membuat Haji Rizal menjadi lebih kaya secara materi. 

Pasalnya, ia selalu ringan tangan membantu warga. Tidak hanya menggunakan dana aspirasi dari keuangan negara, ia pun kerap mengeluarkan uang pribadi untuk membangun.

"Jadi dewan 15 tahun bukannya menambah kekayaan, bukan tambah istri, malah yang ada sawah 120 hektar sudah habis untuk membangun dan membantu masyarakat. Istri juga tidak bertambah malah berkurang, dari asalnya 4 sekarang 2," bebernya. 

Nyalakan Petasan dan Bongkar Jalan

Soal kabar viral yang menyebutnya menyalakan petasan karena gagal nyaleg. Haji Rizal mengatakan sebenarnya itu euforia warga karena menganggap dirinya menang di Pemilu 2024 ini. 

Sedangkan urusan jalan dan irigasi yang dikabarkan dibongkar Haji Rizal punya alasan lain. Soal irigasi ternyata dibongkar sendiri oleh warga dari daerah lain. Irigasi terpaksa dibongkar karena menyebabkan banjir.

Adapun perkara jalan yang dibongkar, Rizal menegaskan itu berasal dari uang pribadinya. Pembongkaran dilakukan karena ia kesal dengan seorang warga yang seolah menantang padahal selama ini sering ia bantu. 

Setelah mengalami pahit-manis di panggung politik, Haji Rizal memutuskan untuk kembali fokus bertani.

"Jadi sekarang mau fokus lagi bertani,” pungkasnya.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close