Naik Pangkat Jadi Jenderal Bintang 4, Prabowo Langsung Sungkem ke Perempuan Ini

Nusantaratv.com - 28 Februari 2024

Menhan Prabowo Subianto saat sungkem dengan adik ayahnya, Sukartini Silitonga-Djojohadikusumo. (Dok.)
Menhan Prabowo Subianto saat sungkem dengan adik ayahnya, Sukartini Silitonga-Djojohadikusumo. (Dok.)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dianugerahi kenaikan pangkat istimewa oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi jenderal TNI kehormatan (HOR), Rabu (28/2/2024). Usai naik pangkat jadi jenderal bintang empat, Prabowo menggelar syukuran bersama keluarga di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. 

Prabowo yang masih mengenakan pakaian dinas upacara (PDU) TNI Angkatan Darat lengkap dengan tanda bintang empat di pundak, memotong nasi tumpeng sebagai wujud tanda syukur.

Potongan tumpeng tersebut kemudian diberikan kepada Sukartini Silitonga-Djojohadikusumo, adik dari ayah Prabowo, Soemitro Djojohadikusumo. Ia juga melakukan sungkem kepada Tante Tin, sapaan akrab Prabowo untuk Sukartini, yang kini telah berusia 105 tahun. 

Selain Sukartini, acara itu dihadiri orang-orang terdekat Prabowo lainnya. Beberapa di antaranya keponakan Prabowo, Budi Djiwandono dan istri, Mayor Teddy Indra Wijaya, Staf Khusus Menhan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, kakak ipar Prabowo yang juga ayah Budi, Soedradjad Djiwandono serta lainnya. 

Sebelumnya, Prabowo menerima kenaikan pangkat dari letnan jenderal TNI menjadi jenderal TNI kehormatan. Kenaikan pangkat ini diberikan Presiden Jokowi setelah sebelumnya diusulkan Panglima TNI. Jokowi pun menjelaskan alasan pemberian kenaikan pangkat tersebut. 

"Penganugerahan ini adalah bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa dan negara," ujar Jokowi dalam pidatonya pada Rapat Pimpinan TNI-Polri 2024, Mabes TNI, Jakarta. 

Kenaikan pangkat mantan Danjen Kopassus tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024.

Diketahui, pada tahun 2022 Prabowo telah menerima empat tanda kehormatan bintang militer utama. Antara lain Bintang Yudha Dharma Utama; Bintang Kartika Eka Paksi Utama; Bintang Jalasena Utama; dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close