Mundur dari Pilpres AS, Joe Biden Fokus Selesaikan Sisa Masa Jabatan

Nusantaratv.com - 22 Juli 2024

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. (Foto: Reuters)
Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. (Foto: Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah mengumumkan tidak lagi mencalonkan diri menjadi Presiden Amerika Serikat 2024.

Pengumuman disampaikan politisi dari Partai Demokrat itu di akun X (Twitter) pribadinya @JoeBiden, pada Senin (22/7/2024) dini hari WIB, jelang pemilu yang akan dihelat pada 5 November mendatang.

"Rekan-rekan Demokrat. Saya telah memutuskan untuk tidak menerima pencalonan tersebut dan memfokuskan seluruh energi saya kepada tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya," tulis Biden.

Dia sekaligus mengumumkan dukungannya untuk Kamala Harris yang akan menggantikannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

"Hari ini saya ingin memberikan dukungan dan dukungan penuh saya agar Kamala menjadi calon partai kita tahun ini," lanjutnya.

Menurut Biden, mendukung Harris (59) yang merupakan wakil presiden AS adalah keputusan terbaik yang pernah diambilnya.

Berikut pernyataan lengkap Joe Biden yang mundur dari Pilpres AS 2024:

Joseph R. Biden, JR 
21 Juli 2024

Rekan-rekan sesame warga Amerika,

Selama tiga setengah tahun terakhir, kita telah membuat kemajuan besar sebagai sebuah Bangsa.

Saat ini, AS memiliki ekonomi terkuat di dunia. Kita telah melakukan investasi bersejarah dalam membangun kembali Bangsa, menurunkan harga obat untuk para lansia, dan dalam memperluas perawatan kesehatan yang terjangkau bagi sejumlah besar warga Amerika.

Kita telah menyediakan perawatan yang sangat dibutuhkan bagi sejuta veteran yang terpapar zat-zat beracun. Mengesahkan undang-undang keselamatan senjata pertama dalam 30 tahun. 

Menunjuk wanita Afrika-Amerika pertama di Mahkamah Agung. Dan mengesahkan undang-undang iklim yang paling signifikan dalam sejarah dunia.

Amerika tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk memimpin, daripada saat ini.

Saya tahu semua ini tidak mungkin akan terjadi tanpa Anda, rakyat Amerika. Bersama-sama, kita telah mengatasi pandemi yang terjadi sekali dalam satu abad dan krisis ekonomi terburuk sejak Great Depression. 

Kita telah melindungi dan melestarikan Demokrasi kita. Dan kita telah menghidupkan kembali dan memperkuat aliansi kita di seluruh dunia.

Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk menjabat sebagai presiden Anda. 

Dan meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin bahwa demi kepentingan terbaik partai saya dan negara, saya harus mengundurkan diri dan hanya berfokus pada pemenuhan tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya.

Saya akan berbicara di depan publik akhir minggu ini secara rinci tentang keputusan saya.

Untuk saat ini, izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih saya yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk melihat saya terpilih kembali.

Saya ingin berterima kasih kepada Wakil Presiden Kamala Harris karena telah menjadi mitra yang luar biasa dalam semua pekerjaan ini. 

Dan izinkan saya menyampaikan penghargaan saya yang tulus kepada rakyat Amerika atas kepercayaan dan keyakinan yang telah Anda berikan kepada saya.

Saya percaya hari ini apa yang selalu saya yakini: bahwa tidak ada yang tidak dapat dilakukan Amerika jika kita melakukannya bersama-sama. Kita hanya perlu mengingat bahwa kita adalah Amerika Serikat.

Keputusan Biden untuk mundur dari Pilpres AS 2024 ini, seperti dikutip dari Reuters pada Minggu (21/7/2024), muncul setelah Partai Demokrat kehilangan kepercayaan terhadap kondisi mental dan kemampuannya dalam mengalahkan Donald Trump.

Diketahui, Biden dinyatakan positif Covid-19 sejak Rabu (17/7/2024). Dia saat ini sedang dalam masa pemulihan di rumahnya yang berada di Pantai Rehoboth, Delaware.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close