Mulai 1 April 2022, Malaysia Buka Perbatasan dan Tak Perlu Lagi Karantina

Nusantaratv.com - 09 Maret 2022

Menara Kembar Petronas ikon Malaysia/ist
Menara Kembar Petronas ikon Malaysia/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Setelah cukup lama menerapkan pembatasan bagi para pelancong khususnya pelancong asing. Malaysia akan membuka perbatasan mulai 1 April 2022 mendatang. Bahkan para pelancong yang sudah divaksinasi covid-19 lengkap tak perlu lagi melakukan karantina. 

Demikian disampaikan Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob.

Sabri menjelaskan dengan penerapan kebijakan baru tersebut, pendatang asing tidak perlu lagi mendaftar melalui mekanisme MyTravelPass. Akan tetapi, mereka harus menggunakan aplikasi pelacakan kontak MySejahtera.

Ditegaskan aturan tanpa karantina ini hanya berlaku bagi pelancong yang sudah divaksin lengkap dan mendapatkan hasil tes Covid-19 negatif sebelum keberangkatan dan saat tiba.

Seiring dengan dibukanya perbatasan ini, warga Malaysia juga bisa melakukan perjalanan internasional. Sabri menyampaikan, pemerintah sedang mengerjakan kesepakatan perjalanan dengan Brunei Darussalam, Thailand, dan Indonesia.

Baca juga: Kini Ada 2 Penerbangan dari Brunei di Bandara Juanda

Tak hanya itu, aturan pembatasan jam operasional bisnis, pertemuan, jaga jarak, dan perjalanan antarnegara bagian akan dilonggarkan.

Keputusan ini diambil setelah Malaysia mengumumkan akan memasuki fase endemik Covid-19 mulai bulan depan.

"Malaysia akan mulai transisi ke fase endemik Covid-19 mulai bulan depan," ujar Sabri, mengutip CNNIndonesiacom.

Diketahui, sejak Maret 2020, Malaysia menjadi salah satu negara di Asia yang menerapkan pembatasan ketat untuk menangani penyebaran covid-19. Selama penerapan pembatasan tersebut, warga negara asing dilarang masuk ke Malaysia. Tak hanya itu, warga negara Malaysia yang kembali ke negara itu harus melakukan karantina.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close