Mukomuko Siap Bagikan Ribuan Baju Seragam Sekolah Gratis

Nusantaratv.com - 23 November 2022

Salah satu sekolah dasar di Kabupaten Mukomuko, Selasa (8/9/2020) ANTARA/Ferri.
Salah satu sekolah dasar di Kabupaten Mukomuko, Selasa (8/9/2020) ANTARA/Ferri.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Bupati Mukomuko, Sapuan meminta instansi terkait untuk mempersiapkan baju seragam sekolah guna dibagikan secara gratis kepada sebanyak 5.870 siswa SD dan SMP di daerah ini.

"Seragam sekolah sudah siap dibagikan ke penerima. Saya sudah meminta dinas teknis untuk segera mempersiapkan agar pembagiannya bisa dilaksanakan dalam bulan November tahun ini," kata Bupati Mukomuko Sapuan di Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Rabu.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp2,7 miliar yang bersumber dari APBD untuk membeli sebanyak 5.870 paket seragam bagi 5.870 pelajar SD dan SMP yang tersebar di daerah ini.

Ia mengatakan, pihaknya sudah meminta agar seluruh seragam sekolah tersebut sampai kepada setiap siswa yang menerima bantuan baju seragam sekolah tersebut

Selain itu, katanya, ia meminta pada pihak dinas dan sekolah agar memastikan seragam ini dibagikan secara gratis, jangan sampai ada siswa yang diminta biaya atau melakukan pungutan liar.

Terkait dengan ukurannya yang kurang pas, ia meminta, agar disesuaikan, sehingga bisa ditukar dengan siswa lain atau diformat sendiri.

‘’Mungkin saja nanti ada ukurannya kurang pas, kalau kebesaran silakan dikecilkan, sebab pengadaan-nya dalam jumlah banyak dan tidak diukur badan setiap penerima," ujarnya.

Terkait dengan bantuan seragam sekolah hanya untuk siswa SD dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, ia mengatakan, pihaknya tidak ada maksud menganaktirikan siswa madrasah.

Menurutnya, pihaknya terbentur aturan, yakni pemerintah daerah belum memiliki dasar hukum yang membolehkan untuk pembiayaan di sekolah madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.

Sementara itu, ia mengatakan, program seragam sekolah gratis untuk pelajar SD dan SMP di daerah ini merupakan tindak lanjut dari visi dan misi bupati dan wakil bupati setempat.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close