MUI Manado: Laksanakan Haji Mandiri Peroleh Mabrur

Nusantaratv.com - 30 November 2022

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Manado KH Yaser Bachmid, saat melakukan bimbingan manasik haji, di Manado, Selasa (29/11/2022). ANTARA/Nancy L Tigauw. (1)
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Manado KH Yaser Bachmid, saat melakukan bimbingan manasik haji, di Manado, Selasa (29/11/2022). ANTARA/Nancy L Tigauw. (1)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Manado KH Yaser Bachmid, Selasa, mengatakan, kepada seluruh calon jamaah haji dalam kegiatan manasik agar melaksanakan haji secara mandiri dan memperoleh haji mabrur.

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Manado menggelar bimbingan manasik haji sepanjang tahun bagi Jamaah Haji Manado yang difokuskan pada praktek lapangan, sebagai lanjutan dari manasik haji sebelumnya.

Praktek manasik haji dilaksanakan di Asrama Haji Tuminting Manado, sebanyak 100 orang jamaah haji melakukan praktek secara langsung di halaman Asrama Haji dan di bimbing bagaimana cara-cara thawaf, sa’i, saat wukuf di Arafah, saat melempar jumrah, serta pelaksanaan wajib dan rukun haji lainnya.

Kepala Kanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe melalui Bidang Haji Kanwil Kemenag Sulawesi Utara H Ismoedjiono menjelaskan tentang Program Unggulan Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama RI yaitu Program Manasik Haji Sepanjang Tahun yang digulirkan ke seluruh kabupaten/Kota.

Program ini, katanya, bertujuan untuk memberikan penguatan pemahaman kepada calon jamaah haji tentang teknis perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji dengan maksud agar calon jamaah haji dapat melaksanakan seluruh kegiatan ibadah haji secara mandiri dan memperoleh haji mabrur.

Kakankemenag Manado Hj Rogaya Udin mengatakan, bimbingan manasik haji itu proses pembekalan, arahan, petunjuk, dan pedoman untuk menuntun para calon jamaah haji dalam melaksanakan rukun, wajib dan tata cara ibadah haji lainnya dengan baik dan benar.

Rogaya berharap melalui kegiatan manasik haji ini, jamaah akan mendapatkan pengetahuan tentang aturan ibadah umrah dan haji, alur kegiatan perjalanan, ziarah dan mengenal tanah suci, tips kesehatan, tuntunan zikir dan doa untuk memantapkan praktek ibadah.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close