Muhadjir: Wisma Atlet Ditutup Jika Pandemi Berakhir

Nusantaratv.com - 20 Mei 2022

Wisma Atlet Kemayoran. (Antara)
Wisma Atlet Kemayoran. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut pemerintah bakal menutup Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran apabila pandemi virus corona (Covid-19) berakhir.

"Ya kalau sudah enggak ada pandemi ditutup," ujar Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (19/5/2022).

Muhadjir menyatakan Indonesia sudah masuk dalam fase transisi menuju endemi Covid-19. Salah satu indikatornya masyarakat sudah boleh membuka masker di luar ruangan.

Menurut dia, penutupan Wisma Atlet Kemayoran otomatis dilakukan apabila situasi penyebaran virus corona telah memasuki endemi.

"Ya (otomatis ditutup)," ucap Muhadjir.

RSDC Wisma Atlet berdiri pada 23 Maret 2020 lalu saat awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Penanganan pasien Covid-19 dipusatkan di rumah sakit darurat tersebut. Total pasien yang dirawat berjumlah 164.227 orang hingga hari ini.

Belakangan pasien di Wisma Atlet menurun drastis. Dari empat tower yang digunakan untuk rawat inap pasien Covid-19, kini hanya sisa satu tower yang difungsikan yakni tower 6.

Sementara tower 4 difungsikan sebagai tempat karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

Koordinator RSDC Wisma Atlet Mayjen TNI Budiman sebelumnya sempat mengungkap penggunaan Wisma Atlet saat memasuki fase endemi.

Hasil pembahasan sementara, RSDC Wisma Atlet dalam beberapa tahun ke depan akan difungsikan sebagai tempat perlindungan bagi korban perang seperti nuklir dan kemungkinan bencana alam atau pun non-alam lainnya.

Dengan kondisi global saat ini, Budiman mengatakan ada peluang perang asimetris atau pun perang yang menggunakan senjata biologis.

"Karena konsep ancaman ke depan, kita melihat dengan adanya tantangan perang masa depan tentu saja bukan hanya perang fisik tapi juga ada yang kita sebut proxy war," tandas Budiman.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])