Mudik di Malaysia Tolnya Gratis

Nusantaratv.com - 02 Mei 2022

Tol Indonesia. (Net)
Tol Indonesia. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Mudik Lebaran ternyata bukan hanya dilakukan masyarakat Indonesia, tapi juga di Malaysia. Istilah mudik untuk merayakan Idul Fitri di negara itu dikenal sebagai balik kampong. 

Seperti di Indonesia, Malaysia juga baru membolehkan masyarakatnya mudik setelah dua tahun lalu dilarang lantaran pandemi Covid-19.

Di Malaysia, masyarakat yang mudik Lebaran mendapat fasilitas gratis biaya tol. Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob mengumumkan perjalanan tol gratis di Jalan Tol Utara-Selatan dan Pantai Timur mulai 30 April hingga 1 Mei bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri.

Jalan tol juga digratiskan pada saat arus balik tanggal 7-8 Mei 2022 untuk memungkinkan pengguna jalan kembali dari perjalanan mereka ke kota asal mereka.

Di samping itu, pemerintah Malaysia juga memberikan diskon 30 persen sampai dengan 50 persen untuk beberapa ruas jalan tol. Ismail mengatakan keputusan itu dibuat setelah berdiskusi dengan 30 pemegang konsesi jalan raya.

THR yang diberikan pemerintah Malaysia berupa tol gratis dan diskon tarif jalan tol ini menelan biaya total 77,11 juta ringgit atau setara Rp 257 miliar. Dana itu ditanggung bersama oleh pemerintah dan badan usaha jalan tol yang bersangkutan.

"Dengan ini, diharapkan perayaan Idul Fitri tahun ini lebih meriah bersama orang-orang terkasih," ujar Ismail, mengutip Malaysia Now. 

Keputusan ini diambil mempertimbangkan dampak pandemi terhadap pendapatan masyarakat. Di samping itu, kebijakan ini juga untuk mengurangi beban pengguna jalan, terutama yang berada di kalangan masyarakat berpenghasilan rendah.

Pemberlakuan gratis jalan tol tersebut bukan yang pertama kali dilakukan di Malaysia. Seluruh rute utama ke negara bagian diperkirakan bakal padat karena jutaan kendaraan bergerak secara bersamaan meninggalkan ibu kota.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close