Monumen Lambang Persahabatan Rusia-Ukraina di Robohkan

Nusantaratv.com - 27 April 2022

Sebuah monumen Soviet untuk persahabatan antara negara-negara Ukraina dan Rusia terlihat selama pembongkarannya, di tengah invasi Rusia ke Ukraina, di Kyiv tengah, Ukraina 26 April 2022. (Reuters)
Sebuah monumen Soviet untuk persahabatan antara negara-negara Ukraina dan Rusia terlihat selama pembongkarannya, di tengah invasi Rusia ke Ukraina, di Kyiv tengah, Ukraina 26 April 2022. (Reuters)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Sebuah monumen era Soviet yang melambangkan persahabatan antara Rusia dan Ukraina dibongkar di Kyiv pada Selasa (26/04/2022), sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina, menurut walikota kota Kyiv.

Patung itu menggambarkan seorang pekerja Ukraina dan Rusia di atas alas, memegang tinggi-tinggi tatanan persahabatan Soviet. Patung itu terletak di bawah 'Lengkungan Persahabatan Rakyat', yang didirikan pada tahun 1982 untuk memperingati 60 tahun Uni Soviet.

“Monumen ini… melambangkan persahabatan antara negara Ukraina dan Rusia. Kita sekarang melihat apa 'persahabatan' ini — penghancuran kota-kota Ukraina, menghancurkan kehidupan orang-orang Ukraina, membunuh puluhan ribu orang yang damai. Saya yakin monumen seperti itu memiliki arti yang sama sekali berbeda sekarang,” kata Wali Kota Kyiv Vitaly Klitschko.

Invasi Rusia ke Ukraina, yang dilakukan pada (24/02/2022), telah menyebabkan ribuan orang tewas atau terluka, kota-kota menjadi puing-puing, dan memaksa lebih dari 5 juta orang mengungsi ke luar negeri.

Moskow menyebut tindakannya sebagai "operasi khusus" untuk melucuti senjata Ukraina dan melindunginya dari fasis.

Ukraina dan Barat menyebut ini sebagai dalih palsu untuk perang tak beralasan untuk merebut wilayah dalam sebuah langkah yang telah memicu kekhawatiran konflik yang lebih luas di Eropa yang tak terlihat sejak Perang Dunia Kedua. 

Saat monumen mulai runtuh, kerumunan orang bertepuk tangan, meneriakkan, "Kemuliaan bagi Ukraina, kemuliaan bagi para pahlawan, kemuliaan bagi bangsa Ukraina. (Rafli Dwidani Setyawan)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close