Moeldoko Tak Nampak di Pelantikan AHY Jadi Menteri ATR

Nusantaratv.com - 21 Februari 2024

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Antara)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko tak hadir pada pelantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Istana Negara, Rabu (21/2/2024).

Moeldoko tak nampak di barisan pejabat negara yang hadir dalam kesempatan itu. Padahal, banyak menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir. 

Sejumlah menteri yang terlihat hadir antara lain Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Lalu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menkominfo Budi Arie Setiadi, dan Menpan RB Abdullah Azwar Anas.

Hadir pula Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Diketahui, Moeldoko dan AHY sempat berkonflik pada kisruh internal Partai Demokrat. AHY merupakan Ketua Umum Partai Demokrat. Sementara Moeldoko, terpilih menjadi ketua umum partai yang sama, melalui kongres luar biasa (KLB) pada 5 Maret 2021.

KLB digagas oleh beberapa politikus Demokrat yang tak setuju dengan kepemimpinan AHY, beberapa di antaranya Marzuki Alie dan Jhoni Allen.

Konflik pun berlanjut ke jalur hukum. Mahkamah Agung menolak kasasi Moeldoko terkait kepengurusan Demokrat pada 3 Oktober 2022. Moeldoko sempat mengajukan peninjauan kembali (PK), namun MA kembali menolaknya pada 10 Agustus 2023.

Kepemimpinan AHY di Demokrat pun berlanjut hingga kini. Dia membawa Demokrat masuk ke Koalisi Indonesia Maju, koalisi pendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close