Minyak Goreng Mahal, Siswa STM Raha Buat Minyak Goreng kelapa Sendiri, Hasilnya Untuk Warga

Nusantaratv.com - 07 April 2022

Siswa SMK dan sejumlah sekolah lain sedang membuat minyak. Foto: Istimewa
Siswa SMK dan sejumlah sekolah lain sedang membuat minyak. Foto: Istimewa

Penulis: Saifal Ode | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com -  Ditengah kelangkaan minyak goreng saat ini, siswa SMA dan SMK di kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara menggelar mahakarya pembuatan minyak goreng secara serentak.

Masing-masing sekolah SMA dan SMK di Muna ikut dalam kegiatan yang di gagas oleh pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten Muna.

Salah satu peserta yang ikut hadir dalam kegiatan itu adalah siswa SMK Negeri 2 Raha atau akrab dengan sebutan STM Raha. Sekolah yang hampir seluruhnya adalah pelajar laki-laki ini juga turut andil dalam pembuatan minyak goreng dari kelapa tersebut.

Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan STM Raha La Ode Sadia mengatakan, kegiatan pembuatan minyak goreng ini diikuti oleh SMA dan SMK di Kabupaten Muna.

"Itu kegiatan diikuti oleh tiap sekolah di kabupaten Muna, kita STM salah satu pesertanya," kata Laode Sadia, saat dihubungi melalui telepon, Rabu, ( 6/3/22).

STM sendiri mengirimkan peserta sekitar 75 orang dibagi dalam beberapa kelompok, satu kelompoknya 5 orang peserta dengan tugas menyelesaikan pembuatan minyak satu tungku. Dalam satu tungku berisi santan dari 10 buah kelapa.

"Dalam pembuatannya dibagi per kelompok, satu kelompoknya kurang lebih 5 orang," ujar Wakasek Kesiswaan STM Raha.

Ia melanjutkan, untuk satu tungku menghasilkan 2 hingga 2 setengah botol minyak kelapa. "Satu tungku itu menghasilkan 2 sampai 2 setengah botol minyak," tuturnya.

Sementara hasil minyaknya di bawa ke provinsi dan juga dikembalikan ke sekolah masing-masing untuk dibagikan pada masyarakat.

Tempat pembuatan minyak tersebut di SMK 3 Raha, Sejumlah peserta dari berbagai SMA dan SMK hadir.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close