Minta Warga Mudik Mulai Besok, Polisi: Kerja Kami Bisa Lebih Ringan

Nusantaratv.com - 25 April 2022

Ilustrasi mudik. (Antara)
Ilustrasi mudik. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kabagops Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi meminta masyarakat melakukan melaksanakan mudik Lebaran 2022 lebih awal sebelum puncak arus mudik yang diprediksi 28 April sampai 1 Mei 2022.

Sebab, kata dia pergerakan masyarakat lebih awal akan mengurangi potensi kemacetan di berbagai jalur mudik pada akhir pekan ini serta meringankan kerja-kerja kepolisian.

"Oleh karenanya saya sudah bicara mengimbau bahwa bapak ibu, dan adik-adik sekalian, pulang lah, mudik mulai dari hari ini dan besok sehingga pekerjaan rekan-rekan Polri dan kita semua lebih ringan dan semua yang mau mudik berjalan lancar," ujar Eddy di acara Pembukaan Posko Angkutan Lebaran 2022 di Kementerian Perhubungan, Senin (25/4/2022).

Eddy mengatakan pihaknya hari ini menerapkan uji coba ganjil genap (gage) sebagai salah satu skenario mengatasi puncak arus mudik. Simulasi gage tersebut dilakukan dengan pengalihan arus mulai dari KM 10 Tol Cikampek.

Dirinya mengatakan, simulasi hari ini dilakukan untuk kendaraan ganjil yang akan melewati tol, sedangkan kendaraan bernomor polisi genap diarahkan melewati jalan arteri.

"Pengalihan arus KM 10 dan KM 46 memang ada perlambatan karena di situ untuk kita men-screening kendaraan gage atau tidak. Ada perlambatan 2-3 kilometer, itu pun kita sudah merekomendasikan dengan Bapak Kakorlantas untuk buka tutup pelaksanaannya," jelasnya.

Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mengimbau masyarakat melakukan mudik lebih awal dari prediksi puncak arus mudik.

"Info ini perlu disampaikan agar majulah mudiknya, jangan di tanggal 28-30 April. Memang apa yang kita lakukan itu adalah upaya yang maksimal," kata Budi.

Korlantas Polri bersama Kemenhub serta instasi terkait akan menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas selama arus mudik, seperti ganjil genap, sistem one way (satu arah), contraflow.

Skenario-skenario tersebut bakal efektif dilakukan mulai 28-30 April dan 1 Mei 2022. Salah satu contohnya, sistem one way bakal diterapkan mulai dari KM 47 Tol Cikampek sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close