Minta Bantuan Militer Korsel Hadapi Rusia, Presiden Ukraina Singgung Perang Korea 1950

Nusantaratv.com - 12 April 2022

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy . (Allkpop)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy . (Allkpop)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy baru-baru ini meminta bantuan militer Korea Selatan (Korsel) untuk menghadapi Rusia.

Pria berusia 44 tahun itu membuat pernyataan yang ditujukan kepada anggota parlemen selama pidato video yang diadakan di auditorium Perpustakaan Majelis Nasional di Seoul, Korsel.

"Saya berterima kasih kepada Majelis Nasional Republik Korea karena memberikan kesempatan ini atas nama semua orang Ukraina yang menghadapi kemajuan habis-habisan Rusia," ujar Zelenskyy, dikutip dari Allkpop, Selasa (12/4/2022).

Dia menegaskan setiap negara memiliki hak untuk merdeka. Setiap kota memiliki hak untuk hidup dalam damai, dan setiap orang berhak untuk tidak mati dalam perang. "Saya meminta Anda untuk berdiri dan menghadapi Rusia," tambahnya.

Mengacu pada Perang 6,25 Korea, Zelenskyy mengungkapkan kepada rakyat Korsel, di mana ada perang pada 1950-an, dan banyak warga sipil kehilangan nyawa mereka, tetapi Korea berhasil mengatasinya, dan saat itu komunitas internasional banyak membantu. 

"Tidak ada harapan Rusia akan berubah dengan sendirinya. Kita harus membuat Rusia memilih untuk berubah melalui mobilisasi komunitas internasional," ungkap suami dari Olena Zelenska itu. 

Pada saat itu, Presiden Ukraina juga meminta bantuan militer dari Korea. "Kami membutuhkan lebih banyak bantuan untuk bertahan hidup dan memenangkan perang dengan Rusia," urainya. 

"Saya akan berterima kasih jika Anda dapat membantu kami di Republik Korea untuk melawan Rusia," tukas Zelenskyy.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])