Militer Israel Latihan Serangan Udara dengan Target Jarak Jauh

Nusantaratv.com - 02 Juni 2022

Jet angkatan udara Israel terbang dalam formasi di atas Laut Mediterania. (Reuters)
Jet angkatan udara Israel terbang dalam formasi di atas Laut Mediterania. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Militer Israel mengatakan puluhan pesawatnya melakukan latihan simulasi serangan udara pada target jarak jauh.

Hal ini sebagai referensi terselubung terkait kemungkinan serangan terhadap saingan regionalnya, Iran. Tentara Israel pada Rabu (1/6/2022) mengatakan latihan itu berlangsung sehari sebelumnya di atas Laut Tengah, dan melibatkan penerbangan jarak jauh, pengisian bahan bakar di udara, dan menyerang target yang jauh.

Kendati demikian, pernyataan itu tidak memberikan informasi tambahan, seperti dikutip dari The Associated Press (AP), Kamis (2/6/2022).

Pengumuman itu disampaikan ketika para perunding yang mewakili kekuatan dunia dan Iran telah mengadakan pembicaraan berbulan-bulan dalam upaya untuk menghasilkan kesepakatan baru guna mengendalikan program nuklir Teheran, empat tahun setelah kesepakatan yang dicapai pada 2015 runtuh setelah pemerintahan Donald Trump secara sepihak menarik diri.

Israel menganggap Iran sebagai ancaman terbesarnya dan sangat menentang perjanjian Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) pada 2015 yang ditandatangani oleh Iran dan kekuatan dunia, dengan mengatakan pihaknya tidak memiliki cukup perlindungan untuk mencegah Iran mengembangkan kemampuan senjata atau mengatasi ancaman militer Iran lainnya di wilayah tersebut. 

Negara zionis itu mengatakan menentang kembalinya perjanjian nuklir baru. Iran telah lama bersikeras jika program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai. Israel secara luas diyakini sebagai satu-satunya negara bersenjata nuklir di Timur Tengah, tetapi tidak pernah secara terbuka mengakui memiliki senjata semacam itu.

Latihan angkatan udara pada Selasa (31/5/2022) berlangsung sebagai bagian dari latihan militer yang lebih besar selama sebulan, yang mencakup simulasi pertempuran di Siprus awal pekan ini. (Rafli Dwidani)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close