Microsoft Hingga Cisco Turut Bangun IKN

Nusantaratv.com - 20 November 2023

Microsoft. (Net)
Microsoft. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggandeng empat perusahaan teknologi informasi (IT) dan satu kampus asal Amerika Serikat (AS) guna membantu mewujudkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Perusahaan itu mulai dari Cisco sampai Microsoft.

Kerja sama ini merupakan 'oleh-oleh' dari kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke San Francisco, Amerika Serikat (AS) pada pekan lalu. Komitmen dukungan perusahaan-perusahaan itu diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

Upaya ini sejalan dengan langkah transformasi yang saat ini sedang dilakukan di Indonesia. Dengan Nusantara jadi kota pintar, harapannya akan menjadikan kehidupan di ibu kota baru jadi lebih efektif dan tentu sustainable.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menjelaskan, OIKN berhasil mewujudkan IKN sebagai kota dunia untuk semua dengan mengundang seluruh kalangan dalam berpartisipasi dan berinovasi di dalam pembangunan IKN.

"Kelima MoU ini menunjukkan ketertarikan dan kepercayaan dunia internasional dalam pembangunan IKN sebagai kota modern yang cerdas, berkelanjutan, berketahanan, berkelanjutan, hijau, dan inklusif," ujar Bambang, dikutip Senin (20/11/2023).

Secara keseluruhan, kunjungan itu melahirkan total lima kesepakatan kerjasama dalam bentuk MoU dengan berbagai perusahaan dan institusi pendidikan. Pada hari pertama kunjungan, Senin (13/11/2023) dihasilkan tiga Silicon Valley. Ketiga perusahaan tersebut adalah Cisco, Autodesk, dan Environmental Systems Research Institute (ESRI).

Lalu, pada tanggal Selasa (14/11/2023), dihasilkan penandatanganan MoU dengan Microsoft. Secara keseluruhan, keempat penandatanganan MoU tersebut dilakukan sebagai bentuk partisipasi perusahaan global dalam pembangunan kota cerdas di IKN.

Cisco bakal berpartisipasi dalam instalasi perangkat kota cerdas seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan data dan informasi di lapangan. Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas ini akan bermanfaat bagi berbagai solusi teknologi cerdas seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, bangunan pintar, dan pengelolaan kota.

Sedangkan Autodesk, akan berpartisipasi dalam membantu OIKN dalam merancang kota yang layak huni. Teknologi Autodesk akan membantu peningkatan kinerja perencanaan kota melalui visualisasi, optimasi, dan simulasi perencanaan gedung, ruang publik, dan infrastruktur yang meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pengelolaan proyek pembangunan.

Kemudian, ESRI akan berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi analitik berbasis spasial. Teknologi tersebut dimanfaatkan untuk pemetaan, pemantauan, penginderaan jauh, dan pengelolaan data spasial, yang dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan sumber daya alam seperti air, hutan, satwa liar,dan biodiversitas, memitigasi risiko bencana, dan lain sebagainya.

Microsoft sendiri bakal berpartisipasi dalam proses transformasi digital IKN melalui pengembangan solusi kota cerdas dalam berbagai aspek pengelolaan kota, pengembangan infrastruktur digital pusat data dan cloud computing yang aman dan berketahanan, serta peningkatan inisiatif pendidikan literasi digital dan keterampilan komputer bagi masyarakat.

Terakhir, dalam lawatan di San Francisco, ditekennya MoU antara OIKN dengan Universitas kelas dunia, yaitu dengan Standford Doerr School of Sustainability. Kerja sama ini dalam pembangunan pusat riset dan penelitian serta inovasi di IKN dan ke depan adalah penjajakan dibangunnya kampus Standford di IKN.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close