Meriahnya Karnaval Seni Budaya Kampung Bali di Bekasi, Tampilkan Ogoh-Ogoh hingga Ondel-Ondel Betawi

Nusantaratv.com - 03 Maret 2022

Karnaval seni budaya di Kampung Bali di Kota Bekasi, Jawa Barat/ist
Karnaval seni budaya di Kampung Bali di Kota Bekasi, Jawa Barat/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com Kota Bekasi akan merayakan hari jadinya yang ke-25 tahun pada 10 Maret 2022 mendatang. Dalam rangka perayaan hari spesial ini digelar rangkaian acara Karnaval Seni Budaya Kampung Bali di Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Jawa Barat, pada Kamis (3/3/2022).

Kegiatan seni budaya ini dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi 
Tri Adhianto.

Dalam sambutannya Tri Adhianto mengatakan Karnaval Seni Budaya di Kampung Bali merupakan bukti keharmonisan masyarakat Kota Bekasi. 

"Karnaval seni budaya di Kampung Bali ini mendapat apresiasi mendalam dari masyarakat Kota Bekasi karena sukses melibatkan seni budaya lintas etnis, bukti keharmonisan masyarakat," kata Tri di Bekasi.

Baca juga: Ketua MPR Dorong Pemajuan Kebudayaan Melalui Keraton/Kerajaan

Pengamat seni dan budaya Kalamsyah Pradja mengatakan, ragam pertunjukan ditampilkan pada karnaval ini antara lain Ogoh-Ogoh dari Pokdarwis, Gebogan, Penabuh Bale Ganjur, juga ditampilkan seni musik hadroh dari Istana Nurul Ulla Islami, Ondel-Ondel Sanggar Raihan Betawi hingga atraksi pencak silat Pusaka Siliwangi, serta karate Hirodojo.

"Apresiasi kepada para budayawan dan seniman serta pegiat seni. Dengan perbedaan mereka menampilkan keragaman seni budaya. Mari bersama-sama menggali dan melestarikan seni sekaligus merawat budaya kearifan lokal melalui seni pertunjukan seperti ini," ujar Kalamsyah.

Pada kesempatan yang sama, Putri Wisata Indonesia Jawa Barat 2022 Ajen Campakarang mengatakan gelaran ini sekaligus bertujuan untuk memikat daya tarik wisatawan terhadap potensi destinasi wisata budaya di wilayahnya. Khususnya pencampuran berbagai budaya sebagai wujud toleransi tinggi terhadap keberagaman yang dimiliki masyarakat Kampung Bali.

"Event ini menonjolkan kerukunan masyarakat Kampung Bali Kota Bekasi yang menjunjung tinggi toleransi atas keberagaman suku, agama, dan budaya warganya. Bisa guyub hidup berdampingan dan semangat untuk menjadikan kampung ini menjadi salah satu destinasi budaya di Kota Bekasi serta meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung," katanya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close