Menteri Inggris Ini Shalat di Masjid Al-Aqsa Palestina

Nusantaratv.com - 13 Januari 2023

Menteri Inggris untuk Timur Tengah, Afrika Utara, Asia Selatan dan PBB Tariq Mahmood Ahmad berdoa di The Dome of the Rock selama kunjungannya di Yerusalem, pada 12 Januari 2023. (Mostafa Alkharouf/Anadolu Agency)
Menteri Inggris untuk Timur Tengah, Afrika Utara, Asia Selatan dan PBB Tariq Mahmood Ahmad berdoa di The Dome of the Rock selama kunjungannya di Yerusalem, pada 12 Januari 2023. (Mostafa Alkharouf/Anadolu Agency)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Menteri Inggris untuk Timur Tengah, Afrika Utara, Asia Selatan dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Tariq Mahmood Ahmad, melakukan shalat di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Palestina, pada Kamis (12/1/2023). 

"Suatu kehormatan dan keistimewaan untuk menghabiskan waktu di Masjid Al-Aqsa yang suci pagi ini bersama Direktur Departemen Wakaf Yerusalem, Sheikh Azzam Al-Khatib," cuit Tariq Mahmood di akun media sosialnya, seperti dikutip dari Middle East Monitor, Jumat (13/1/2023).

Dia menekankan dukungan tak tergoyahkan Inggris untuk perwalian Yordania atas situs-situs suci di Yerusalem, bersama dengan menjaga status quo di situs-situs tersebut.

Status quo memungkinkan umat Islam untuk beribadah di kompleks Al-Aqsa dan pengikut agama lain untuk mengunjungi situs tersebut.

Tariq Mahmood juga mengunjungi kota Hebron di Tepi Barat dan melakukan tur di dalam kota. Pada Rabu (11/1/2023), pria berusia 54 tahun itu memulai kunjungan resmi pertamanya ke Wilayah Palestina sejak dia menjadi menteri.

Dia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen, di Yerusalem Barat pada Rabu (11/1/2023) sebelum dia pindah ke kota Ramallah di Tepi Barat yang Diduduki untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Al-Maliki.

Diketahui, Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang Yahudi menyebut daerah itu 'Gunung Kuil', mengklaim jika itu adalah situs dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel 1967. Itu menganeksasi seluruh kota pada 1980, sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])